Cretivox foya2

Punya Uang Banyak? Eits Tunggu! Jangan Dihambur-hamburin ya!

Hai Vox! Balik lagi dengan artikel yang bakalan kasih lo sedikit pelajaran tentang mengelola uang lo—yang mungkin lo simpen di celengan ayam atau di bank atau malah berceceran di mana-mana— karena lo belum tau mau diapain tuh uang biar cepet jadi sultan.Simak nih ya beberapa TIPS MENGATUR UANG!1. Buat Perencanaan Keuangan dalam 1 Bulan!

1. Jangan males!

Jangan males untuk membuat perencanaan keuangan lo ya vox! Penting banget untuk kita tau uang yang kita miliki itu dikeluarkan untuk apa aja, misalnya makanan, teraktir doi jalan, bayar cicilan, beli skincare, langganan Netflix dan VIU, dan banyak pengeluaran lainnya, yang mungkin sebenernya bisa diminimalisir. Nah dengan lo ngerencanain dan lo catet tiap pengeluaran yang ada, lo bakal tau batasan lo dalam menghabiskan uang.Sebenernya ada tipsnya nih kalo lo mau ikutin, yaitu 50/30/20. 50% dari penghasilan lo buat kebutuhan pokok kayak beli makanan, baju, obat-obatan, dan juga bayar hal-hal yang rutin. Terus 30% lagi buat keingan lo kayak pengen beli peralatan yang menunjang hobi lo, beli baju yang padahal gabakal lo pake karena lo di rumah aja, ataupun keinginan lain yang ga biasanya lo lakuin di bulan-bulan berikutnya. Nah sisanya 20% itu lo bisa sisikan buat investasi dan juga sedekah. 


2. Sisikan Uang untuk Diinvestasikan

Lo mungkin masih ragu dengan investasi karena minim pengetahuan dan masih agak takut kalau duit lo ilang. Nah untuk investasi sendiri sebenarnya banyak banget instrumennya. Lo bisa cari jenis investasi yang sesuai dengan target dan juga kesanggupan lo. Kalau uang lo berlebihan bisa investasi di properti, buat kos-kosan atau nyewain properti, atau jual beli tanah, tapi ini untuk jangka panjang sih. Kalo lo uda kebelet banget pengen punya uang banyak bisa belajar saham atau crypto yang lagi on banget. Tapi high risk high return jadi harus hati-hati ya vox! Tapi kalau lo chill dan ga pengen ribet, bisa taro di emas ataupun reksadana. Kita buat artikel ngebahas ini lebih dalem kali ya vox?


3. Jangan Lupa Sedekah!

Di zaman yang lagi agak sulit seperti sekarang ini, baiknya lo bisa nyisihin uang lo untuk disedekahin loh vox! Seberapapun nominalnya itu berarti banget buat orang-orang di luar sana yang kena PHK, yang hanya hidup dari upah harian, ataupun para pemilik usaha yang digusur. Ga banyak orang yang seberuntung kita yang masih bisa main gadget dan rebahan di kasur empuk. Mari saling bantu saudara kita, sesederhana ikut donasi online kayak di kitabisa, di campaign kemanusiaan, dan tentunya bisa juga ikutan digitalbergerak !


Nah semoga abis baca ini lo ga asal ngabisin duit lo ya! Hidup emang cuma sekali tapi gaada yang tau kan lo hidup sampe kapan? 

By: Agatha Maria Josephine