Satu Trik Kecantikan yang Mengubah Kulit Gue

Semua orang khususnya wanita pasti ingin punya kulit wajah yang bersih, cerah, dan bersinar. Terkesan muluk, tapi percayalah bahwa untuk menggapai kulit yang lo impikan itu, lo hanya butuh satu alat, yaitu eyebrow razor atau pisau pencukur alis, dan trik kecantikan yang akan dilakukan adalah facial shaving.

Kenapa gue memilih untuk ‘mencukur’ wajah gue

Gue dulu adalah tipe cewek yang kalau nyari skincare pasti ada embel-embel ‘mencerahkan’ dan ‘mengurangi kusam pada kulit wajah’, karena gue kesusahan buat menghilangkan bekas jerawat tipe post inflammatory hyperpigmentation (PIH), yang gampangnya disebut bekas jerawat yang menghitam. Kulit gue itu berwarna kuning langsat, makanya untuk menghilangkan PIH sangatlah membutuhkan waktu yang lama kalau hanya bergantung kepada produk skincare. Tapi, semuanya berubah saat gue mengenal yang namanya facial shaving. Iya, jadi rambut-rambut halus yang ada di muka lo itu lo babat habis dengan eyebrow razor. Efeknya ajaib banget di muka gue, langsung keliatan, dan nggak ada downside nya. Beberapa ini adalah yg gue rasain:

  1. Jadi lebih halus dan cerah
  2. Bekas jerawat tipe PIH jadi cepet banget ilangnya
  3. Jadi jarang jerawatan
  4. Skincare jadi cepat menyerap
  5. Make up jadi flawless

Pro dan kontra saat mencukur wajah

Selain menyingkirkan rambut-rambut halus di wajah, facial shaving juga berguna sebagai physical exfoliator yang berguna mengangkat kulit mati. Hal ini bisa menjadi ‘pro’ untuk beberapa orang, tapi juga ‘kontra’ untuk yang lain.

Pertama, coba cek dulu tipe kulit lo. Kalau lo punya masalah kulit seperti ekzema dan jerawat yang meradang, mencukur justru akan membuat kulit lo iritasi dan bisa dapat mengakibatkan infeksi. Kulit yang sensitif dan mudah mengalami kemerahan juga ga cocok untuk dicukur.

Tetapi, kalau kulit lo tidak punya kendala-kendala diatas, mencukur wajah lo adalah hal yang tepat buat lo.

Apakah dengan mencukur facial hair gue, nanti tumbuhnya malah makin lebat?

Jawabannya adalah tidak. Rambut di tubuh itu ada dua jenis, vellus hair dan terminal hair. Biasanya, terminal hair lah yang terkesan tumbuh lebih lebat selepas dicukur. Mencukur menumpulkan ujung-ujung rambut, membuatnya terasa kasar. Sehingga tumbuhlah ilusi bahwa rambut menjadi lebih gelap atau lebih tebal. Mencukur rambut wajah, bagaimanapun, tidak menebalkannya atau mengubah warnanya.

Persiapan sebelum mencukur wajah

“Hah pake persiapan dulu?” jawabannya adalah iya dan wajib. Salah satu langkah penting sebelum lo mencukur wajah adalah pastikan bahwa wajah lo udah bersih. Karena dengan mencukur, kulit lo akan menipis dan rawan terkena bakteri dan sobat-sobatnya, jadi dengan lo membersihkan kulit wajah lo terlebih dahulu akan mengurangi kemungkinan terjadinya iritasi dan breakout pada kulit lo. Gunain face wash apa aja yang lo punya, lebih bagus yang gentle macam cetaphil.

Tips mencukur wajah

  1. Please gunain pisau pencukur yang memang didesain untuk mencukur pada area wajah. Namanya bermacam-macam, seperti eyebrow razor, alat dermaplaning, atau tinkle razor. Harganya termasuk murah, di ecommerce harga satuan bisa dibawah Rp 1000 rupiah, tetapi kekurangannya adalah cepat tumpul. Untuk yang kualitas lebih bagus bisa dibeli di toko kecantikan favorit kalian dan harganya antara Rp 20.000-Rp 40.000, kelebihannya adalah lebih awet dan tajemnya nggak usah ditanya. 
  2. Untuk menghindari iritasi, jangan pernah memakai pisau cukur yang sudah tumpul. 
  3. Sebelum mencukur, berikan pelembab pada wajah lo, lebih bagus kalau lo punya cream cukur wajah sendiri. Gue sendiri pakai produk aloe vera sebelum mencukur. 
  4. Saat mencukur, posisikan kulit wajah lo seperti lo lagi zoom in dilayar handphone, lakukan secara satu arah dan pelan-pelan searah dengan jalur tumbuhnya.
  5. Cuci pisau setiap satu stroke. 
  6. Jangan mencukur terlalu dekat dengan area mata, kecuali kalo lo pede nggak bakal melukai mata lo.
  7. Setelah semuanya selesai, cuci wajah lo dan kasih pelembab.

The Final Takeaway

Gue pribadi udah ngelakuin kegiatan ini, facial shaving, 3 tahun lamanya. Karena gue udah ngerasain efek ajaibnya buat kulit wajah gue, life changing banget lah istilahnya. Simpel, gampang, dan cepat adalah tiga kata yang tepat buat facial shaving. Biasanya, gue ngelakuin ini sebulan sekali atau kapanpun dimana gue ngerasa wajah gue lagi butuh di eksfoliasi.