Alternatif seru untuk video conference

1. Gather Town

https://blue.kumparan.com/image/upload/fl_progressive,fl_lossy,c_fill,q_auto:best,w_640/v1614851322/y0dwvkvqrxiisfdwnsde.jpg

Video conference sembari main game? Gather Town jawabannya. Konsepnya simpel, fungsinya sebagai virtual space untuk berkumpul bersama teman, kolega, dan keluarga sambil bersosialisasi secara online. Uniknya adalah, di Gather Town lo bisa bikin avatar sesuai dengan kemauan lo.

Gather town menyediakan 70 preset spaces dengan tema yang berbeda seperti kantor, dungeon escape room, dan preset unik lainnya seperti Moondpond. Lo bahkan bisa mendekorasi space sesuai keinginan lo. Di gather town ada yang namanya mapmaker, disitu lo bisa mendesain mulai dari dinding, lantai, dll. Lantai yang tersedia juga memiliki fungsi yang berbeda, seperti:

  • Impassible tile (untuk objek seperti meja, tungku api, dll. Jadi avatar lo gabisa melewati objek tersebut)
  • Private spaces (untuk membedakan tiap tiap kamar dan stations, jadi setiap ada pembicaraan yang terjadi di ruangan ini, gak semua orang bisa denger)
  • Spotlight tiles: lawan dari private spaces, disini lo bisa membagika n informasi yang semua orang bisa denger

Lo bisa menggunakan Gather town baik secara gratis maupun berbayar yang tentunya akan memiliki fitur yang berbeda. Dengan akun gratis, lo bisa mengikuti virtual meeting maksmal 25 orang dengan batas waktu sampai dua jam. Dengan harga yang berbeda, gather town dapat menampung sampai 100 orang.

Di Gather town lo juga bisa main game yang memang sudah tersedia di platform ini, seperti Tertris, Poker, Sudoku, dll.

2. Topia.io

https://preview.redd.it/14ltki9eggj61.png?auto=webp&s=6c2ea6ee0497085a5c37d05c0a27b0a479e191da

Topia.io memberikan kebebasan pengguna untuk menciptakan virtual space sendiri. Lo bisa mendesain space tersebut sesuka lo dan mengajak orang lain untuk bergabung. Lo juga akan mendapatkan avatar yang bisa lo gerakin sepuasanya dengan arrow key, kaya main game.

Bedanya, camera lo udah pasti otomatis menyala, sehingga kalau lo gak mau keliatan lo lagi ngapain, lo harus tutup kamera lo secara manual. Uniknya nih, di topia.io lo kesannya persis kayak ketemu orang di dunia nyata, lo samperin avatar orang lain di dalam topia.io dan otomatis kamera dan suara dari karakter tersebut akan muncul. Begitu juga saat lo berjalan menjauhi karakter tersebut, suara dan kameranya akan menghilang.

Kelebihan topia.io dibandingkan dengan gather town adalah spacenya lebih mudah untuk dibuat dan tampilannya lebih menarik, meskipun tidak sestabil gather town.