OnlyFans Melarang Konten Dewasa untuk ‘Tayang’ di Situsnya

Situs berlangganan OnlyFans, yang terkenal karena konten dewasanya, mengumumkan bahwa mereka akan memblokir foto dan video yang memiliki unsur seksual eksplisit pada 1 Oktober.

Pihak OnlyFans mengatakan bahwa perubahan ini merupakan dorongan dari pihak mitra perbankan dan penyedia pembayaran. Onlyfans mengatakan bahwa mereka masih memperbolehkan creators untuk memposting konten yang memiliki unsur nudis yang mematuhi pedomannya.

“Untuk memastikan keberlanjutan jangka panjang platform kami, dan terus menyelenggarakan komunitas inklusif untuk para creators dan fans, kami harus mengembangkan pedoman konten kami,” Kata pihak OnlyFans

Perubahan ini terjadi karena pihak OnlyFans kesusahan dalam mengumpulkan dana dari para investor yang masih ragu karena situs ini sudah diasosiasikan dengan konten eksplisitnya.

Belum jelas bagaimana nantinya OnlyFans, yang berlokasi di Britania, menentukan konten seperti apa yang nantinya akan dilarang saat peraturan ini sudah diterapkan. Perusahaan ini sebenarnya sudah memblokir konten yang mengandung sexual assault dan kekerasan, dan melarang mereka yang masih di bawah umur.

Seperti yang kalian sadari, OnlyFans dikenal sangat membantu mereka, creators (termasuk sex workers), dalam mengais uang di masa pandemi ini. OnlyFans saat ini memiliki lebih dari 130 juta pengguna, yang membayar bulanan kepada creators yang mereka subscribe, untuk melihat konten yang dianggap terlalu vulgar apabila di post di Instagram maupun TikTok.

Kontroversial

Meskipun Indonesia sendiri sudah memblokir situs OnlyFans sehingga tidak terlalu merasakan dampaknya atas perubahan ini, tapi di luar sana ada banyak creators dan users yang merasa aneh apabila mereka akan memblokir konten-konten seksual. Berikut beberapa tweet yang menurut gue cukup menggambarkan keresahan mereka, khususnya karena situs ini dianggap sebagai safe space bagi para sex workers untuk memperoleh penghasilan.

Mereka beranggapan bahwa kebijakan ini akan menjadi down fall-nya OnlyFans seperti saat Tumblr memblokir unsur pornografi pada situsnya. Ada juga yang beranggapan bahwa OnlyFans tapa konten eksplisit akan terasa seperti McD yang hanya berjualan salad.

OnlyFans akan luncurkan aplikasi dan platform baru

OnlyFans akan meluncurkan aplikasi dan platform baru, yang bernama OFTV. OFTV akan menayangkan konten original dari creators OnlyFans secara gratis, yang akan memiliki berbagai genre termasuk kebugaran, memasak, komedi, musik, dan banyak lagi.

Creators dapat berbagi konten video mereka baik dengan berbagai durasi untuk penggemar mereka untuk menonton dengan nyaman di ponsel, tablet, dan TV pintar mereka.

Peluncuran OFTV adalah cara bagi para fans untuk melihat konten dari creators favorit mereka atau bahkan untuk menemukan creators lain yang mungkin akan disukai. Ini adalah cara unik untuk melihat konten dari komunitas OnlyFans untuk melihat siapa saja yang berada di platform ini.