Digital Marketing

Pentingnya Digital Marketing untuk Small Business

Saat small business lo udah mulai berjalan, biasanya yang terlewat dipikiran lo adalah “bagaimana ya biar pelanggan gue dateng”. Lalu langkah-langkah pemasaran yang diambil masih cenderung sangat tradisional seperti masang baliho kecil dipinggir jalan, print flyer dan disebar per orang. Sebenarnya hal tersebut bukan masalah, tapi kalau ada cara yang lebih cepat dan mudah, kenapa nggak?

Manfaatnya online marketing emang apa, deh?

Di Indonesia, total dari pengguna internet per 2021 adalah 202.6 juta. Jumlah ini mengalami peningkatan dari 2020 yaitu sekitar 16%. Satu hal yang pasti, angka ini akan terus meningkat, dan dilihat dari hal tersebut, harusnya lo udah punya ide bahwa lebih banyak orang yang dapat kita capai dengan mempraktekan digital marketing.

Bisnis lo butuh exposure buat mencari pelanggan, dan pasar online ada buat memungkinkan itu semua terjadi. Misalkan bisnis lo udah sampai ke telinga calon pelanggan, dia mau nyari taulah lo jualan apa aja sih. Online presence bisnis lo penting banget di sini, karena apabila bisnis lo gak bisa ditemukan secara online, kemungkinan besar lo akan kehilangan pelanggan tersebut.

Inget, bahwa kompetitor lo diluar sana udah ngelakuin digital marketing

Untuk bisnis lo bisa sukses, lo juga harus memperhatikan ‘saingan’ lo. Seperti, apa aja sih yang mereka lakukan dan please learn from it. Jadikan kompetitor lo jangan hanya sekedar ‘saingan’ yang harus lo kalahkan, tapi jugs lihat mereka sebagai seseorang yang punya sesuatu buat ngajarin lo

Saat lo ngeliat apa yang ‘saingan’ bisnis  lo lakukan, lo juga akan belajar apasih yang bekerja dan tidak bekerja dari hal tersebut. Seperti, mereka bikin konten seperti apa? Apakah fokus mereka ke website, video, atau grafik? Bagaimana mereka mengkomunikasikan brand mereka? Baguskah hubungan mereka dengan audience-nya? Apakah lo bisa ngelakuin yang lebih baik dari apa yang saingan lo lakukan?

Satu hal, saat calon pelanggan lo mencari produk secara online dan mereka nggak bisa menemukan keberadaan bisnis lo, tapi mereka menemukan bisnis ‘saingan’ lo. lo udah kalah. Karena, ya mereka bahkan untuk memilih antara lo dan saingan bisnis lo aja nggak bisa, karena bisnis lo dari awal udah nggak bisa dicari secara online. Saingan lo menang, dan lo pasti nggak mau itu terjadi. If you want to compete, first you have to join the race

Jadilah bisnis yang mudah diakses oleh pelanggan

Di dunia sekarang ini, internet itu nomor satu. Nggak ada lagi istilahnya nyari rekomendasi barang, spek handphone, dan list harganya melalui majalah atau koran. Makanya, ngebangun online presence bisnis lo dari awal adalah hal yang penting. Info-info krusial mengenai bisnis lo juga harus disematkan. Kalau bisnis lo punya working hours, sematkan lah waktunya. Kalau bisnis lo punya toko fisik, sematkan lokasinya. Hal-hal seperti itu sebenarnya merupakan hal dasar dalam memiliki bisnis. Daftarkan bisnis lo ke Google Maps, buat akun media sosial dengan nama yang mudah diingat, sematkan info-info penting mengenai bisnis lo. 

Hemat Biaya dan Lebih Cepat

Digital marketing itu lebih murah dibanding traditional marketing dan jauh lebih efektif. Lo nggak harus nge print flyer dan disebar secara orang per orang, nggak harus keliling buat nyari pelanggan. Apalagi small business yang baru ingin memulai pasti  mempunyai keterbatasan sumber daya. Yang lo butuhkan hanya belajar dan mencoba digital marketing seperti apa yang cocok dengan bisnis lo.

Lo bisa kenal lebih jauh dengan target audience lo

Digital marketing memungkinkan bisnis lo untuk berinteraksi dengan calon pelanggan lo. Cara lo berinteraksi bisa macam-macam dan bisa dilakukan tanpa batasan waktu dan tempat. Dengan cara ini, lo pelan-pelan membangun relasi dengan mereka. Bisnis lo bahkan bisa dianggap lebih dari bisnis oleh mereka. Bisnis  lo jualan skincare? Coba berkomunikasi dengan mereka melalui konten tips and trick mengenai kesehatan kulit, bertanyalah kepada mereka concern yang mereka miliki mengenai kulit mereka, tentu dengan sumber yang jelas. Saat lo udah mulai dipercaya, orang-orang akan lebih tertarik untuk membeli dari bisnis lo.

At the end..

Ya seperti yang lo lihat, digital marketing udah jadi hal yang krusial lah buat sebuah bisnis. Bisnis lo butuh ter expose ke audience yang lebih besar kalau lo ingin bisnis lo terus berkembang. Udah banyak banget kelas-kelas gratis yang ngajarin gimana mengoptimalkan digital marketing, yang perlu berubah ada diri lo. Apakah lo ingin berkembang atau enggak? Semangat ya, small business owner!