EWB

Jangan Cuma Tau FWB doang, Ternyata Ada EWB!

EWB

Hallo Vox, kali ini kita mau kasih tau ada hal lain selain FWB loh vox, dan pastinya jauh lebih bermanfaat xixixix….

Saat lo menjadi mahasiswa di perguruan tinggi, biasanya lo akan mendapat email pelajar atau email kampus yang digunakan untuk akses web kampus dan keperluan lainnya yang berkaitan dengan status lo sebagai mahasiswa.

Contoh email pelajar yang biasanya didapat ada beberapa seperti:

  • @webmail.ac.id
  • @students.(namakampus).ac.id
  • @namadomain.ac.id
  • @mhs.(namakampus).ac.id

Gue sendiri sebagai seorang mahasiswa di sebuah kampus yang berletak di Semarang, email pelajar gue adalah yang @students.(namakampus).ac.id.

Tapi lo tau nggak, email pelajar yang lo dapatkan itu ternyata punya banyak kegunaan yang akan membantu lo dalam proses perkuliahan. Perlu lo ingat, lo kuliah kan bayar UKT, jadi lo punya hak untuk gunain semua fasilitas yang memang kampus berikan untuk lo.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa lo dapatkan benefitnya apabila lo menggunakan email pelajar:

1. Camscanner

CamScanner

Lo pasti familiar sama aplikasi Camscanner, aplikasi pindai file yang mengubah foto yang lo ambil dari handphone menjadi dokumen PDF.

Khususnya selama proses belajar daring ini, biasanya lo akan mendapat banyak tugas yang mengharuskan lo menscan tugas lo.

Kekurangan dari Camscanner ini adalah storage yang disediakan terbatas, hanya 200 mb. Terlebih lagi, ada watermark “Scanned with Camscanner” di tiap lembarnya yang cukup mengganggu.

Nah, semua nilai minus itu bisa lo hindari dengan menggunakan email pelajar lo. Lo hanya butuh sign up dengan menggunakan email pelajar lo, lalu verifikasi dan voila! storagenya akan upgrade menjadi 1,2 GB dan watermarknya akan hilang.

2. Microsoft Office 365

Email Pelajar

“Gue kan udah punya app Office di laptop gue, Office 365 buat apa deh?”

Kalau lo masih bingung bedanya apa antara keduanya, lo bisa cek di sini. Lengkap banget disitu dijelasin perbedaan antara keduanya dan kelebihan Office 365.

Office 365 itu tipe yang harus berlangganan bukan yang one time purchase macam Office 2019. Skema pembayarannya tergantung jenis penggunaan yang lo inginkan seperti penggunaan pribadi, bisnis, dan nirlaba. Tentu dengan range harga yang berbeda. Misal, untuk Microsoft 365 Personal (penggunaan satu orang) lo harus mengocek harga sebesar Rp 959.999/tahun.

Nah, email pelajar memungkinkan lo untuk mengakses Office 365 gratis tanpa biaya langganan. Lo hanya cukup sign up dengan email pelajar lo. Lo bisa langsung sign up di sini.

3. Unlimited Google Drive dan Microsoft One Drive

Mahasiswa pasti punya banyak dokumen yang biasanya ragu untuk dihapus (dengan embel-embel takut tiba-tiba kepake) tapi berujung menuhin storage laptop, dan hard disk terlalu mahal untuk dibeli.

Lo bisa manfaatkan nih email pelajar lo untuk mengakses unlimited storage baik dari Google Drive (kalau email lo affiliated dengan Google Suite) dan One Drive (kalau email lo affiliated dengan Microsoft Outlook).

Jadi semuanya tergantung dengan jenis email pelajar lo. Kampus lo nih kerja sama dengan Google atau Microsoft. Email pelajar gue sendiri nggak bisa log in Google Drive, tapi bisa mengakses One Drive.

Untuk besar storage yang disediakan ada yang bilang hanya sebesar 1 TB untuk Google Drive dan 2 TB untuk One Drive. Tapi gue sendiri belum lihat mahasiswa yang memakai melebihi 1 TB untuk membuktikan “unlimited” yang diberikan.

Yang jelas, storage yang disediakan akan lebih dari 15GB (Google Drive) apabila lo hanya menggunakan email pribadi.

4. Canva Pro

Email Pelajar

“Semoga yang bikin aplikasi Canva masuk surga”

Saking banyaknya kemudahan yang Canva berikan dalam perihal desain, banyak banget yang berterima kasih dengan adanya Canva di dunia ini. (agak lebay tapi asli, makasih banget!)

Nah, email pelajar memungkinan lo untuk mengakses Canva Pro gratis dalam setahun. Jadi, lo bisa mengakses semua fitur yang ada. Gratis, tanpa bayaran sepersenpun.

Bayangin, untuk paket pertahunnya lo harus mengocek uang sebesar Rp 769.000/tahun tapi dengan email pelajar, lo nggak harus ngeluarin duit sama sekali.

Untuk melihat kelebihan Canva Pro, lo bisa cek di sini.

Proses sign up nya gampang banget. Sign up (dengan email pelajar)-> Verifikasi -> berhasil! Monggo sign up di sini.

5. Spotify Premium

Email Pelajar

Selain fokus buat belajar, kita juga butuh dong hiburan? Nah, Spotify pengertian banget nih. Dia memberikan potongan harga 50% buat kita pelajar. Dari yang harganya Rp 49.990/bulan (Paket Premium Individual) menjadi hanya Rp 24.990/bulan.

Untuk cara, syarat, dan masa berlaku Premium Student ini, lo bisa cek di sini.

6. Autodesk

Email Pelajar

Lo merupakan mahasiswa jurusan teknik dan jurusan berbau animasi? pasti lo udah nggak asing dengan Autodesk.

Produk unggulan pertama Autodesk adalah AutoCAD, Computer Aided Design (CAD) andalan perusahaan yang banyak digunakan oleh para arsitek, insinyur dan perancang struktural.

Dengan menggunakan email pelajar, lo akan mendapatkan akses layanan gratis selama 1 tahun.

Untuk proses sign up, lo bisa cek di sini.

7. Notion

Email Pelajar

Kalau lo masih asing dengan Notion, ini merupakan aplikasi yang bisa meningkatkan produktivtias lo. Notion memudahkan lo dalam membuat catatan, database, jadwal pelajaran, hingga reminder.

Dengan email pelajar, lo bisa mengakses Notion Personal Pro Free For Student.

Untuk tata cara nya, lo bisa cek di sini. Akun lo akan otomatis naik menjadi Personal Pro (5$/bulan) secara gratis.

Sebenarnya masih ada banyak lagi benefit yang dapat lo tuai dengan menggunakan email pelajar, tetapi tujuh di atas merupakan beberapa yang udah gue buktikan secara langsung. Selamat mencoba!