Vox lo baru belajar photography atau videography dan bingung mending beli DSLR atau Mirrorless?

Memangnya apa saja sih perbedaan DSLR dengan Mirrorless? Hmm kalau dilihat dari bentuk, mungkin lo bisa dengan mudah membedakan yang mana kamera DSLR dan yang mana kamera Mirrorless. Tapi, apakah cuma itu perbedaannya?

Nah, kali ini gue mau jelasin 2 perbedaan utama dari kedua kamera tersebut.

1. View Finder

Perbedaan pertama terletak di view finder-nya, dimana DSLR menggunakan metode manual dengan menggunakan cermin. Sedangkan untuk Mirrorless menggunakan digital atau elektornik.

DSLR sendiri menggunakan dua cermin yaitu cermin reflex, sehingga apa yang dihasilkan oleh lensa langsung dipantulkan ke view finder-nya. Dan untuk Mirrorless, dia menggunakan secara digital, sehingga apa yang ditangkap oleh lensa di proses dan di tampilkan di layar view finder-nya.

2. Auto Focus

Perbedaan kedua yaitu auto focus-nya. DSLR sendiri memiliki auto focus lock yang lebih cepat dibandingkan dengan Mirrorless. DSLR juga menggunakan Phase Detection AF. Dimana memungkinkan untuk penggunaan seperti shoot sport ataupun object yang bergerak dengan cepat.

Untuk Mirrorless sendiri auto focus lock-nya sudah banyak berkembang dibanding sebelumnya. Mirrorless sudah banyak menggunakan teknologi seperti eye detection dan face detection. Sehingga sebenarnya, nggak kalah juga dari DSLR. Kalau sebelumnya, Mirrorless menggunakan Contrast Detection AF.

Nah, itu dia 2 perbedaan utama dari kamera DSLR dan Mirrorless.

First said kalau menurut gue, kalau lo seorang videographer atau tertarik dengan pengambilan video, gue langsung rekomen mending Mirrorless aja. Karena ada banyak fitur-fitur video yang dilengkapi di Mirrorless dibanding dengan di DSLR.

Tapi, kalau lo memang seorang photographer atau tertarik dengan pengambilan foto yang membutuhkan autofocus lock yang secepat itu, maka DSLR is the best choice.

So gimana, lo bakalan beli DSLR atau Mirrorless nih vox?