Hai vox, lo masih SMA/SMK mau nyambi kerja atau magang? Atau bahkan lo lulusan SMA/SMK mau lamar kerja?

Lo takut pas wawancara eh ditanya “Coba perkenalkan diri kamu?”

Hmm jawabnya gimana ya?….

Ini dia cara jawabnya, dijamin bakal auto lolos interview dehhh.

Bagian 1 : PAST

Pertama kali yang harus lo sampaikan adalah Nama, Domisili (tempat tinggal), Asal Sekolah, dan Jurusan Sekolah.

Contoh: Melamar Kerja di posisi admin.

Selamat pagi, nama saya …… (sebut nama lo, bukan nama babeh lo). Berdomisili di ……. (sebut kota tinggal lo, misal di Planet Bekasi). Saya lulusan SMA/SMK …… (sebut sekolah lo, misal SMA Bikini Bottom). Saya mengambil jurusan …… (sebut jurusan lo, misal ahli potong timun).

Bagian 2 : PRESENT

Selanjutnya, lo bisa nih ceritain Aktivitas Organisasi (yang pernah lo ikuti atau masih lo ikuti) / Hobi (sebisa mungkin mention hobi yang relate dengan posisi yang ingin lo lamar, supaya membuat recruiter lebih percaya sama diri lo) / Kesibukan Luar Sekolah.

Contohnya: Selain sekolah, saya suka membantu orang tua mengelola usaha kecil-kecilan dan saya juga pernah tergabung dalam organisasi OSIS dengan posisi sebagai bendahara.

Bagian 3 : FEATURE

Nah terakhir nih dari sesi perkenalan diri, lo bisa jelaskan motivasi atau minat apa yang mendasari lo untuk melamar pekerjaan di bidang tersebut.

Ohiya ada tips nih, kalau bisa lo ketahui apa visi dan misi perusahaan tempat lo melamar. Terus, lo bisa mention deh kalau lo tuh memiliki satu tujuan yang sama dengan perusahaan lo, dijamin deh recruiter bakalan terkesima sama pengetahuan lo yang udah luas soal perusahaan tersebut.

Contoh nih: Berdasarkan kegiatan saya sehari-hari dalam mengelola usaha kecil-kecilan, itulah yang memberi ketertarikan saya untuk memilih bidang bisnis dan administrasi menjadi pilihan karir saya. Selain itu, saya juga memiliki satu visi yang sama dengan perusahaan untuk memajukan perusahaan agar terkenal sampai mancanegara. Terima kasih.

Nah, itu dia caranya menjawab pertanyaan “Perkenalan” saat wawancara lamar kerja atau magang.

Semangaaatt dan persiapkan semuanya jauh-jauh hari yaa vox. Gue doain semoga pas interview lo ga nge-blank dan lancaarcarrcar sampai bisa keterima di perusahaannya. AAMIIN PALING SERIUS.

Jangan lupa share article ini yaa ke temen-temen lo yang membutuhkan 🙂