NFT pasti belakangan ini lo udah sering denger kan? Tapi lo tau nggak sih NFT itu apa?

NFT alias Non Fungible Token adalah aset digital yang berbentuk karya seni ataupun barang koleksi yang bisa lo pergunakan untuk membeli sesuatu secara virtual.

Terus apa aja sih yang bisa dijual disana? Nggak cuma foto aja nih, tapi juga bisa gambar, lagu, rekaman suara, video, dan game.

Nah ada keunggulan juga nih kalau lo bermain NFT, salah satunya tingkat keaslian karyanya. Jadi sangat memungkinkan pembeli memiliki karya asli tanpa ada kw nya. Kayak NFT nya Ghozali nih yang menjual foto selfie everyday, nah itu kan karyanya nggak ada yang bisa niruin yaa. That’s way NFT Ghozali ada yang membeli, karena si pembeli menemukan keunikan dan tentunya keaslian dari foto si Ghozalinya.

Ngomongin Ghozali, lo juga mau nggak nih vox dapetin banyak cuan tanpa modal dari bermain NFT. Mau kan pasti?

Langsung simak aja nih cara meraup cuan di NFT tanpa modal, COBAIN!!

1. Buat Karya yang Mau Lo Jual

Pertama banget nih, lo pastinya dong harus siapin karya digital buat diunggah dan dijualbelikan. Lo nggak cuma bisa jual foto aja kayak si Ghozali, tapi lo juga bisa jual seni ilustrasi, hasil karya painting, video, musik, desain, domain name, trading card, dan lain sebagainya.

Nah, tips biar karya lo laku cepat adalah lo memproduksi di bidang art. Karena di Indonesia sendiri karya digital paling populer adalah di bidang art.

2. Bikin Wallet

Kedua, kalo lo mau jual karya lo di marketplace alias NFT lo harus punya dompet alias wallet crypto. Nantinya wallet ini bakalan dipakai buat lo nyimpen atau koleksi karya lo.

Dan nantinya akun wallet lo bakal jadi identitas pengguna NFT. Nah jadi ketika lo masuk marketplace NFT bisa menggunakan wallet address tersebut.

3. Pilih Pembayaran Network

Nah ini dia TIPS biar lo nggak harus top up terlebih dahulu. Lo pilih pembayaran network dimana lo nggak perlu harus isi saldo sebelum transaksi. Jadi, nanti Gas Fee alias biaya yang harus dibayar setiap kali tanda tangan kontrak bakalan terpotong di akhir.

Misalkan lo bisa pakai polygon pada sistem blockchain Ethereum.

4. Minting

Apasih minting vox? Minting tuh tahapan ketika lo harus mengunggah karya lo ke dalam sistem blockchain.

5. Listing

Selanjutnya, listing dimana proses lo menjual karya lo di marketplace. Nah pertama lo harus tentuin dahulu nih mau jual dimana. Misalnya lo mau jual di Open Sea, nah disana nanti lo harus menulis options harga, dan berapa banyak stock karya lo.

6. Lakuin Promosi

Penting banget ini, supaya karya lo cepat terjual lo harus melakukan promosi ke sosial media atau komunitas-komunitas. Misalnya lo bisa promosi di twitter, nah nanti ketika ada salah satu orang yang tertarik sama karya lo, pembeli bakalan langsung menuju ke marketplace NFT lo.

7. Exchange Wallet

Setelah karya NFT lo terjual, lo bisa mencairkan saldo lo menjadi uang asli. Lo bisa menggunakan berbagai macam aplikasi, salah satunya “PINTU”. Lo tinggal ikutin aja deh step by step nya dan auto langsung cair.

Itu dia tadi cara meraup cuan dari NFT tanpa modal. Semoga artikel ini bisa membantu lo buat menghasilkan cuan tambahan terlebih di masa pandemi seperti sekarang. Selamat mencoba , vox!!!