Vox, pernah nggak sih lo selalu curiga sama orang lain? Atau lo nggak pernah percaya sama pasangan lo kalau lagi nggak barengan?

Kalau lo merasakan hal yang kayak gitu, kemungkinan lo mengalami trust issue. Trust Issue atau permasalahan kepercayaan dalam diri adalah adanya rasa atas ketakutan akan penghianatan, pengabaian, serta manipulasi.

Bagi sebagian orang mungkin hal ini biasa saja. Padahal kalau lo biarin, itu bisa merusak kesehatan mental lo nih vox. Nah, supaya lo lebih aware sama trust issue mending lo simak beberapa gejala, dampak, dan cara mengatasinya berikut ini.

Gejala Trust Issue

  1. Selalu curiga sama orang lain
  2. Merasa kesepian karena tidak ada teman untuk berbagi
  3. Menghindari hubungan yang lebih dalam dengan orang lain
  4. Selalu mengasumsikan kemungkinan terburuk
  5. Mudah cemburu
  6. Nggak bisa memaklumi kesalahan sekecil apapun

Dampak Trust Issue

1. Gampang overthinking

Buat lo yang ngalamin trust issue, lo pasti cenderung gampang banget overthinking deh vox. Apalagi hal ini terkadang didukung sama sikap ketidakpercayaan lo sama orang lain, lo jadi makin memikirkan orang tersebut terus menerus.

Pemikiran itulah yang menumbuhkan rasa takut dalam diri lo dan sulit untuk menaruh kepercayaan sama orang lain.

2. Hidup lo terasa sepi dan hampa

Lo yang mengalami trust issue pasti suka merasa hidup lo terasa sepi dan hampa, meskipun lo dikelilingi banyak orang. Semua itu bisa lo rasain karena kurangnya keterbukaan lo dengan orang lain di sekitar lo. Lo pasti takut kan buat cerita masalah yang lo hadapi, sampai akhirnya lo pendam sendiri masalah tersebut.

Makanya itulah yang bikin timbul di pemikiran kalau lo sendirian dan nggak ada yang bisa bantu masalah lo.

3. Hubungan lo antarsesama jadi renggang

Akibat dari trust issue lo bisa aja nih jadi nggak mudah percaya bahkan sama orang-orang di sekitar. Nah, nantinya orang-orang di sekitar lo bakalan merasa bahwa mereka nggak dihargai kehadirannya akhirnya timbullah kerenggangan hubungan di antara kalian.

Lo harus ingat nih kalau terjalinnya suatu hubungan yang baik itu dilandaskan rasa percaya yang kuat.

Cara Mengatasi Trust Issue

Lo nggak perlu khawatir nih vox, karena semua masalah ada solusinya. Nah berikut ini cara mengatasi trust issue versi cretivox:

1. Coba pahami diri sendiri dan orang lain

Ketika lo mencoba memahami diri lo sendiri, lo bakalan mengetahui apa yang lagi lo rasain dan interaksi komunikasi apa yang lo butuhin. Nggak cuma pahami diri sendiri, tapi lo juga harus pahami orang-orang di sekitar lo.

Percaya deh, dengan lo saling memahami satu sama lain, rasa percaya perlahan bakalan tumbuh dengan sendirinya.

2. Coba untuk membangun komunikasi

Lo perlahan harus mulai untuk mencoba komunikasi layaknya orang biasa pada umumnya. Lakukan dengan santai dan lo jangan selalu berpikiran tentang hal negatif apa yang bakal orang lain lakukan terhadap lo.

3. Lakukan dengan perlahan, dan jangan paksakan diri sendiri

Tenang aja vox, memang prosesnya bakalan butuh waktu, lo harus bersabar dan jangan paksakan diri sendiri. Nikmati prosesnya dan percayakan bakalan ada hasil yang terbaik didepan nanti.

Itu dia vox gejala, dampak dan cara mengatasi trust issue yang bisa gua share ke lo semua. Semoga artikel ini membantu lo yaaa vox!

Pokoknya percaya sama diri lo sendiri, kalau lo sudah melakukan hal yang terbaik dalam hidup lo. Semangaaaatttttt and love you vox <3.

Dapatkan tips kesehatan lainnya di sini.