Alhamdulillah, masih bertemu bulan Ramadhan di tahun ini yaa Vox. Salah satu yang identik saat bulan puasa adalah takjil. Gimana, lo udah menyiapkan apa aja nih menu takjil buka puasa buat Ramadhan tahun ini?

Tapi, sebelum membahas menu takjil, lo udah tau belum Vox makna takjil itu? FYI, takjil itu adalah kata yang berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti bergegas, ataupun penyegaran. Nah, jadilah kata takjil diartikan orang Indonesia sebagai makanan atau menu buka puasa. Takjil biasanya selalu identik dengan makanan manis dan menyegarkan.

Nah, gue bakalan kasih tau beberapa menu takjil paling segar, gampang, dan populer di Indonesia beserta resepnya!

1. Sop Buah

Sop buah termasuk salah satu menu takjil buka puasa yang praktis tapi jadi favorit banyak orang, termasuk lo kan Vox. Cara membuatnya juga gampang banget, langsung simak langkah berikut ini.

Bahan yang diperlukan:

  • Buah-buahan segar sesuai selera lo
  • Nata de coco
  • Susu kental manis
  • Sirup
  • Es batu secukupnya

Cara membuat :

  1. Potong kecil-kecil semua jenis buah kayak melon, semangka, nanas, mangga, stroberi, anggur, alpukat dan kelapa muda.
  2. Tata buah-buahan dalam mangkuk kemudian tambahkan nata de coco secukupnya.
  3. Tambahkan es batu, sirup dan susu kental manis dengan takaran sesuai selera lo.
  4. Aduk rata semua bahan supaya rasanya menyatu.
  5. Taraaa, sop buah simple siap disajikan buat menu takjil buka puasa!

2. Es Kopyor

Pasti lo tau kan, es satu ini terbuat dari bahan kelapa muda dan juga sirup cocopandan. Es kopyor yang segar ini cocok banget buat lo konsumsi untuk takjil saat berbuka puasa sebagai hidangan takjil. Berikut resep membuatnya.

Bahan yang diperlukan :

  • 550 ml air kelapa muda
  • 300 gram kelapa kopyor
  • 60 ml sirup cocopandan
  • Es batu secukupnya

Cara membuat :

  1. Kerok daging kelapa kopyor kemudian campur dengan air kelapa muda.
  2. Siapkan gelas, ambil kelapa kopyor dan air kelapa muda secukupnya.
  3. Tambahkan es batu dan tuang sirup secukupnya.
  4. Es kelapa kopyor segar buatan lo siap disajikan buat menu takjil buka puasa!

3. Es Semangka

Vox, siapa dari lo yang nggak suka buah semangka? Kayaknya hampir semua orang sepakat deh kalau rasa buah semangka enak dan segar banget. Buah semangka juga bisa dijadikan menu berbuka yang menggoda, loh. Biar nggak bosen, lo bisa variasikan buah semangka dengan dibuat es semangka sebagai menu takjil buka puasa. Berikut cara membuatnya.

Bahan yang diperlukan :

  • ½ buah semangka tanpa biji, potong dadu kecil
  • 1200 susu cair full cream
  • 300 cc sirup
  • Es batu secukupnya
  • Selasih secukupnya, biar makin enak

Cara membuat :

  1. Siapkan mangkuk, masukkan potongan semangka.
  2. Tambahkan susu cair dan sirup, aduk sampai rata.
  3. Masukkan biji selasih yang sudah direndam sebelumnya.
  4. Tambahkan es batu dan yayy es semangka segar siap disantap!

4. Es Jeruk Kelapa Muda

Es jeruk kelapa muda ini dapat dijadikan sebagai hidangan takjil yang enak dan recommended. Nah, berikut ini cara membuat es jeruk kelapa muda.

Bahan yang diperlukan:

  • Kelapa muda 1 buah
  • 4 buah jeruk peras
  • Gula sirup secukupnya
  • Selasih secukupnya
  • Es batu secukupnya

Cara membuat :

  1. Kerok daging kelapa muda kemudian masukkan ke dalam mangkuk.
  2. Tambahkan air kelapa muda, perasan jeruk dan biji selasih yang sudah direndam.
  3. Tambahkan gula sirup dan es batu secukupnya. Aduk sampai rata.
  4. Es jeruk kelapa mudah selasih siap di santap buat menu takjil buka puasa!

5. Es Blewah

Kesegaran blewah emang nggak bisa dipungkiri. Buah yang gampang dan sering banget ditemui saat bulan Ramadhan ini emang cocok banget dijadikan menu takjil berbuka puasa. Berikut ini cara membuat es blewah yang lezat.

Bahan yang diperlukan :

  • 1 buah blewah
  • 1 buah jeruk nipis
  • Selasih secukupnya
  • Nata de coco
  • Sirup
  • Es batu secukupnya

Cara membuat :

  1. Belah buah blewah kemudian kerok kecil-kecil memanjang.
  2. Siapkan mangkuk, campurkan blewah, perasan jeruk nipis, biji selasih yang sudah direndam, dan nata de coco.
  3. Tambahkan air, es batu, dan sirup secukupnya.
  4. Aduk sampai semuanya tercampur rata.
  5. Es blewah simpel dan segar siap disajikan untuk menu takjil buka puasa!

6. Es Timun Suri

Selain es blewah, lo juga bisa membuat menu takjil yang segar seperti es timun suri. Nah, simak berikut ini cara membuat es timun suri yang gampang banget.

Bahan yang diperlukan :

  • 1 buah timun suri, potong kotak-kotak
  • Biji selasih secukupnya
  • Sirup melon
  • Susu kental manis
  • Es batu secukupnya

Cara membuat :

  1. Belah timur suri kemudian buang bijinya dan potong kotak-kotak atau sesuai selera.
  2. Tambahkan es batu, sirup dan air secukupnya.
  3. Masukkan biji selasih yang sudah direndam kemudian aduk semua bahan es secara merata.
  4. Es timun suri segar siap untuk dijadikan sebagai menu takjil buka puasa.

Nah, itu dia resep takjil buka puasa yang gampang banget bisa lo buat sendiri di rumah. Semoga Ramadhan lo berjalan lancar sampai akhir yaa Vox! Aamiin

Jangan lupa untuk share artikel ini yang Vox, untuk rekomendasi makanan lainnya lo bisa cek di sini. Selamat puasa Vox!!!