Hai Vox, siapa yang bulan puasa malah jadi boros? Padahal nggak makan dan minum di siang hari, tapi kenapa masih boros juga yaa? Hmmm…..

Nah, ternyata itu semua karena banyak banget ajakan bukber saat bulan puasa yang tanpa kita sadari hal itulah yang membuat boros. Padahal belum lagi kita harus perisapkan keuangan untuk menyambut Hari Raya.

Maka dari itu, perlu untuk mengatur keuangan saat puasa supaya lo nggak boros. Ini dia, tips mengatur keuangan saat puasa agar tidak boros.

1. Tentukan Budget Pengeluaran Khusus Ramadhan

Pertama banget, lo harus menentukan budget pengeluaran khusus Ramadhan di awal. Sebisa mungkin untuk dipisahkan dengan budget pengeluaran kebutuhan sehari-hari. Setelah menentukan budget pengeluaran, lo perlu juga untuk breakdown sampai terperinci. Untuk meminimalisir kelebihan pengeluaran, lo harus cek setiap minggunya.

2. Alokasikan Untuk Kebutuhan yang Lebih Prioritas

Saat bulan puasa, emang nggak bisa dipungkiri kalau banyak keinginan-keinginan mendadak tuh banyak bermunculan kayak buka puasa bersama, beli baju lebaran, bagi-bagi THR, dan banyak lagi. Nah, supaya lo lebih disiplin dan nggak boros, cara mengatur keuangan saat puasa lo harus alokasikan dan prioritaskan untuk kebutuhan yang benar-benar perlu, seperti buka bersama keluarga atau teman.

3. Catat Setiap Pengeluaran

Supaya keuangan lo tetap teratur dan rapih, lo wajib catat setiap pengeluaran selama bulan Ramadhan. Mencatat setiap pengeluaran, juga berfungsi supaya lo nggak makin boros dan tetap dalam budget yang udah lo buat sedari awal.

4. Minimalisir Membeli Kebutuhan yang Nggak Perlu

Terakhir yang wajib banget lo hindari adalah membeli kebutuhan yang nggak perlu. Lo harus bisa menahan untuk nggak membeli barang yang nggak diperlukan, atau ikut-ikut lifestyle yang berlebihan.

Nah, itu dia 4 tips mengatur keuangan di bulan Ramadhan pada artikel ini. Semoga bisa lo terapkan di bulan Ramadhan, supaya keuangan lo tetap sehat wal’afiat sebulan ke depan. Perlu lo inget juga ih Vox, menjaga keuangan tuh butuh kedisiplinan dan konsisten.

Untuk tips lainnya lo bisa cek di sini. Semangat puasa yaaa Vox!!