Vox, ada kabar sedih ni buat lo pengguna iPhone series lama. Melalui Worldwide Developers Conference yang digelar pada 6 – 10 Juni 2022, Apple baru aja memperkenalkan iOS 16 (Sydney) dan fitur-fitur terbarunya. Kehadiran iOS 16 disebut lebih banyak menawarkan opsi penyesuaian untuk para pengguna iPhone.

Kalo upgrade ke iOS 16, nantinya lo bisa menikmati beberapa fitur baru yang pastinya memudahkan mobilitas lo. “iOS 16 adalah rilisan besar dengan pembaruan yang akan mengubah cara Anda menikmati iPhone,” jelas wakil presiden senior rekayasa software Apple, Craig Federighi. Berikut fitur-fitur baru yang ditawarkan iOS 16

  1. Lo bisa pilih konten lock screen. Dengan iOS 16, lo bisa tuh mengubah tampilan tanggal dan waktu sesuai dengan gaya lo. Lock screen di iOS 16 juga menampilkan widget yang bakal memudahkan lo mendapat informasi seperti agenda mendatang, cuaca, aktivitas dering, dan masih banyak lagi. Nggak lupa, ada fitur Live Activity yang bisa membantu lo mengetahui informasi secara real time.
  2. iCloud Shared Photo Library. Fitur ini bakal memudahkan lo dalam berbagi foto di iCloud. Bahkan lo bisa tuh berkolaborasi untuk saling melengkapi foto di iCloud secara terpisah bersama 6 teman sekaligus.
  3. Pembaharuan iMessage. Sekarang lo udah bisa mengedit pesan yang baru aja dikirim, mengembalikan pesan yang nggak sengaja ke unsend, serta menandai chat dengan label belum dibaca sehingga temen lo bisa mengirim ulang pesannya lagi nanti. Selain itu, bakal ada fitur SharePlay yang memungkinkan lo dan temen lo menonton atau mendengarkan lagu sambil chatan.
  4. Fitur baru Mail. Di iOS 16 lo bisa membatalkan pengiriman pesan sebelum mencapai kontak masuk email penerima. Mail juga bisa mendeteksi kalo lo lupa menyertakan bagian penting dari email, seperti lampiran.
  5. Live Text. Sekarang lo nggak cuma bisa menambahkan teks dalam foto tapi juga video. Selain itu, fitur ini juga punya kemampuan buat menerjemahkan teks dan mengonversi mata uang.

Hanya Bisa Dijangkau iPhone Series Terbaru

Sayangnya Vox, iOS 16 hanya bisa dinikmati oleh pengguna iPhone 8 dan series terbaru lainnya. Apple nggak lagi mensupport iPhone SE generasi pertama, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, serta iPod Touch. Itu berarti, iPhone tersebut mentok di iOS 15 aja.

Secara rinci, berikut daftar series iPhone dan iPad yang kompatibel dengan iOS 16:

iPhone SeriesiPad Series
iPhone 8 dan 8 PlusiPad Pro (semua model)
iPhone XiPad Air (gen 3 dan terbaru)
iPhone XS dan XS MaxiPad (gen 5 dan terbaru)
iPhone XRiPad Mini (gen 5 dan terbaru)
iPhone 11
iPhone 11 Pro dan Pro Max
iPhone 12 dan 12 Mini
iPhone 12 Pro dan Pro Max
iPhone 13 dan 13 Mini
iPhone 13 Pro dan Pro Max
iPhone SE (gen 2 dan 3)

Meskipun iPhone series lama nggak disupport iOS 16 dan nggak ada pembaharuan apapun karena keterbatasan kemampuan hardware. Namun, perangkat dengan iOS 15 masih akan disupport dari segi fitur keamanan dan privasi.

Kabarnya, iOS 16 bakal tersedia sebagai perangkat lunak beta dan rencananya resmi dirilis musim gugur ini. Wah kayaknya ini udah waktunya iPhone lawas lo pensiun nih Vox.