Vox, akhir-akhir ini Tik Tok lagi dibanjiri oleh tren ‘cewek kue’. Istilah ini pertama kali dipelopori oleh seorang tiktokers dengan username @javamassie. Dalam keterangan di salah satu video TikToknya, dia menyebut bahwa cewek kue itu identik dengan sandal, baju ketekan, celana kulot, dan tas kecil berwarna terang.

@javamassie

outfit cewe kue : sendal + baju ketekan + celana kulot + tas kecil! warnanya terang semua!!

♬ taehyun is so bf – amber ✘ | rest

Ternyata merujuk pada penjelasan @javamassie diunggahan videonya yang lain, ‘cewek kue’ merupakan cewek-cewek yang menerapkan fashion color blocking. Tren color blocking adalah tren fashion yang diterapkan dengan menggabungkan 2 – 3 warna dalam 1 outfit. Biasanya, kombinasi outfitnya didominasi warna-warna ngejreng, seperti hot pink, merah, hijau, dan biru.

Fun fact, Yves Saint Laurent menjadi brand fashion pertama yang memperkenalkan tren color blocking. Kala itu YSL memamerkan dress hasil kolaborasinya bersama seniman, Piet Mondrian saat fall/winter show tahun 1946. Dress berwarna dasar putih dengan kombinasi motif warna merah, biru, dan kuning.

Seiring berkembangnya zaman, tren fashion color blocking udah makin luas lho Vox. Buktinya, udah ada begitu banyak fashion influencer a.ka ‘cewek kue’ yang mengadaptasi tren ini.

1. @hidayah.gn

Cewek kue itu identik dengan outerwear berwarna ngejreng dan mencolok mata, seperti warna kuning, ungu, serta hot pink. Selain itu, outerwear cewek kue juga full of patterns. Contohnya seperti outerwear yang dipake sama @hidayah.gn. Gemes banget ya, Vox!

2. @queenarths

Nggak cuma outerwear doang, cewek kue gemar menggunakan bawahan berwarna cerah. Bahkan, nggak jarang bawahan mereka juga dipenuhi oleh motif-motif lucu. Adapun loose pants, culottes pants, boyfriend jeans, dan pleated skirt jadi model bawahan yang sering digunakan oleh cewek kue. Coba deh cek Instagram @queenarths.

3. @rraisha10

Sebagai cewek kue pastinya lo punya banyak banget koleksi tas dengan berbagai warna, bentuk, dan motif. Kalo lo punya banyak tas tapi bingung cara memadupadankannya dengan outfit lo, bisa banget intip Instagram @rraisha10 buat cari inspirasi.

4. @atjilaynna

Outfit colorful cewek kue kurang lengkap tanpa aksesoris unik! Colorful seed beads necklace/bracelet, retro colorful atau harajuku style ring, dan nail art ala chiclets candy jadi pilihan cewek kue untuk nge-pop up penampilan mereka. Koleksi aksesoris @atjilaynna bikin cewek-cewek mupeng ya, Vox!

5. @sartob

Siapa bilang outfit ala cewek kue cuma bisa dipake buat nongkrong aja? Melalui Instagramnya, Sara sering lho membagikan tips and trick serta inspirasi outfit cewek kue di berbagai acara. Kalo lo pengen tampil ceria dan colorful ke kondangan tapi takut gagal, saran gue sih cek Instagram @sartob dulu Vox.

6. @steffisanta

Sebenernya cewek kue nggak melulu pake outfit dan aksesoris berwarna terang kok, Vox. Ada kalanya mereka menggunakan fashion item dengan warna-warna pastel dan warna dasar, seperti hitam dan putih. Soft dan basic color tersebut bisa bikin penampilan cewek kue lebih netral. Contohnya kayak outfit-outfitnya @steffisanta.

7. @yasvidjaganata

Vox perlu lo ketahui bahwa FASHION IS GENDERLESS! Cowok juga bisa kok dapat predikat ‘cowok kue’ dengan outfit-outfit mereka yang cheerful dan playful. Nggak berbeda jauh dengan cewek kue, cowok kue juga gemar menggunakan outfit berwarna nabrak dan mencolok. Fashion stylist yang satu ini @yasvidjaganata punya segudang referensi outfit kece buat lo!

Takut Norak dan Nggak Matching? Gunakan Teknik Color Wheel!

Menjadi seorang cewek kue atau cowok kue emang butuh tingkat keberanian dan kepedean yang tinggi. Soalnya, salah styling dikit aja bukannya bikin lo keren malah bisa bikin sakit mata. Biar lo nggak takut untuk mix and match colorful outfit coba deh pelajari teknik color wheel. Ini bisa menjadi langkah awal buat lo yang mau coba jadi cewek kue.

Coba perhatikan color wheel dibawah ini, ya.

Cara mengkombinasikan warna yang bertabrakan cukup mudah kok, Vox. Lo cuma perlu liat color wheel diatas, cari dua warna yang saling berseberangan dan coba untuk mengaplikasikannya. Contoh, warna kuning dan ungu. Kuning menjadi salah satu warna yang cukup susah di mix and match.

Warna kuning kurang cocok disandingkan dengan warna yang terlalu gelap ataupun terang. Warna-warna yang nggak terlalu gelap seperti ungu bisa menjadi pilihan yang cocok untuk fashion item warna kuning lo.

Permainan warna dalam outfit emang cukup tricky, Vox. Selain pede lo juga harus pelajari color wheel dan color block supaya outfit lo nggak gagal. Intinya, kalo lo mau jadi cewek kue jangan takut untuk explore dan berekspresi!