People pleaser adalah orang-orang yang memprioritaskan orang lain dibandingkan dirinya sendiri. Emang nggak ada salahnya, kalo menyenangkan orang lain, tapi jangan sampai hal itu malah merusak diri lo sendiri.

Apakah lo termasuk? Ini dia tanda-tandanya:

1. Merasa Bertanggung Jawab Atas Perasaan Orang Lain

Perlu lo sadari kalo kebahagiaan orang lain bukan jadi tanggung jawab lo. Tapi nggak buat yang people pleaser. Lo pasti bakalan berpikir kalo lo berguna ketika membuat orang lain bahagia.

2. Susah Bilang “Nggak” Sama Orang Lain

Karena selalu menjaga perasaan orang lain, lo selalu jadi orang yang nggak bisa bilang ‘nggak’ ke orang lain. People pleaser bakalan milih bilang ‘ya’ karena mau menjaga perasaan orang lain.

3. Lebih Sering Minta Maaf Kepada Orang Lain

Sering meminta maaf yang berlebih ke orang lain, bisa jadi lo termasuk people pleaser. Walaupun sebenarnya lo nggak salah, lo suka banget minta maaf ke orang lain. Ujung-ujungnya permintaan maaf ini bisa datang dari menyalahkan diri sendiri secara berlebihan.

4. Memandang Rendah Diri Sendiri

Sering banget dihadapkan sama masalah kepercayaan diri, adalah salah satu tandanya. Lo cenderung memikirkan bahwa orang lain hanya peduli kalo diri lo berguna. Makanya lo jadi lebih butuh apresiasi buat membuat diri lo lebih tenang.

Inget Vox, membahagiakan orang lain itu nggak salah. Tapi jangan berlebihan, dan lo harus inget kalo diri lo juga butuh kebahagiaan.