Cinta bertepuk sebelah tangan emang menyakitkan. Tapi, mau tau nggak Vox apa yang lebih sakit dari itu? Ya benar, cinta beda agama!

Namanya juga cinta, dia bisa datang kapan aja, dimana aja, dan pada siapa aja. Cinta juga bisa datang tanpa melihat usia, status, jarak, bahkan agama. Tapi, seperti yang lo tau cinta beda agama bukanlah suatu permasalahan yang sepele. Ketika berada dalam hubungan beda agama, lo seolah-olah dituntut untuk memilih salah satu di antara Tuhan atau pasangan lo.

Buat lo yang lagi menjalani cinta beda agama, gue punya 5 rekomendasi lagu yang relate.

Marcell Siahaan – Peri Cintaku

Siapa sih diantara lo yang nggak tau lagu yang satu ini, Vox. Lagu ‘Peri Cintaku’ yang dibawakan oleh Marcell Siahaan udah jadi anthem bagi pasangan-pasangan beda agama.

Aku untuk kamu

Kamu untuk aku

Namun semua, apa mungkin

Iman kita yang berbeda?

Tuhan memang satu

Kita yang tak sama

Haruskah aku lantas pergi

Meski cinta takkan bisa pergi?

Mahalini – Melawan Restu

Lagu ‘Melawan Restu’ nggak hanya relate bagi pendengarnya, tapi juga relate terhadap Mahalini sendiri. Soalnya nih Vox, beberapa waktu setelah merilis lagu ini, Mahalini diketahui berpacaran dengan Rizky Febian.

S’gala cara t’lah kucoba

Pertahankan cinta kita

S’lalu kutitipkan dalam doaku

Tapi ku tak mampu melawan restu

Seventeen – Jalan Terbaik

Diantara beberapa lagu cinta beda agama yang gue rekomendasiin, ‘Jalan Terbaik’ milik Seventeen jadi lagu yang paling jadul. Meskipun udah dirilis pada tahun 2008 ini masih sangat relate buat didengerin saat ini.

Semua telah berakhir

‘Tak mungkin bisa dipertahankan

Hanya luka jika kita bersama

Karena jalan ini memang berbeda

Vierratale – Faith

Vierratale selalu bisa menciptakan lagu yang sesuai dengan pengalaman dan suasana hati anak-anak muda kayak lo, Vox. Salah satunya lagu tentang cinta beda agama yang berjudul ‘Faith’. Berbeda dari lagu-lagu cinta beda agama lainnya, ‘Faith’ diaransemen dengan musik yang ceria.

Cinta kita mengapa beda agama

Apa mungkin Tuhan punya rencana

Yang terindah belum tentu yang terbaik

Semoga ditakdirkan bersama

Mahen – Seamin Tak Seiman

Rekomendasi lagu cinta beda agama terakhir dari gue adalah ‘Seamin Tak Seiman’ yang dibawakan oleh Mahen. Penyanyi bernama asli Petrus Mahendra ini nggak cuma bikin galau melalui lagu, tapi juga film! Soalnya, ‘Seamin Tak Seiman’ diadaptasi oleh Mahen ke dalam sebuah film pendek berjudul sama.

Cinta menyatukan kita yang tak sama

Aku yang mengadah dan tangan yang kau genggam

Berjalan salah, berhenti pun tak mudah

Apakah kita salah?

Sebelum menjalin hubungan dengan yang berbeda agama, ada baiknya pikirkan terlebih dahulu masa depan dan konsekuensinya. We wish nothing but the best for you, Vox!