Vox, lo pernah nggak sih waktu jaman SD bikin 2 kubu terus saling bersaut-sautan nyanyi lagunya Sherina – Jagoan?

Dia pikir

Dia yang paling hebat

Merasa paling jago

dan paling dahsyat

Dia memang jago

Dia memang dahsyat!

Habis nyanyiin lagu Jagoan sama temen-temen pasti ngerasa keren dan energik banget! Lagu ikonik dari film ‘Petualangan Sherina’ produksi Miles Films yang populer pada tahun 2000 itu emang nggak ada matinya dan selalu berhasil bangkitin memori indah di masa kecil ya, Vox.

Sebagai pecinta film ‘Petualangan Sherina’, lo tau nggak Vox tahun ini Jakarta Movin bersama Miles Films kembali menghadirkan petualangan Sherina dan Sadam ke dalam bentuk drama musikal. Meski udah berusia 22 tahun, ‘Petualangan Sherina’ ternyata tetap melekat di hati para penonton. Antusiasme mereka terbukti dari ludesnya 4.500 tiket seharga 300k – 500k hanya dalam waktu 3 HARI!

Diselenggarakan pada tanggal 1 – 3 Juli 2022, Gedung Teater Taman Ismail Marzuki dipenuhi riuh suara penonton yang mengenang masa lalu lewat lagu-lagu pamungkas, seperti Jagoan, Persahabatan, Bintang-bintang, dan Lebih Dekat. Selain itu, Musikal Petualangan Sherina juga menyuguhkan lagu-lagu baru yang terinspirasi lagu, skoring, dan tokoh dari filmnya.

Fyi, tahun ini tokoh Sherina diperankan dengan apik oleh Rara Sudirman dan Quinn Salman. Sementara, tokoh Sadam diperankan oleh Jordan Basa dan Lewi Manuhuruk. Musikal Petualangan Sherina 2022 juga dimeriahkan oleh nama-nama besar, diantaranya Reza Chandika as Kertarajasa dan Isyana Sarasvati as Zus Natasya.

Producer and Director Musikal Petualangan Sherina 2022, Nurul Susantono atau akrab disapa Nuya menjelaskan ada total 6 pertunjukan yang terbagi dalam 2 pertunjukan/hari. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan kualitas pertunjukan.

Musikal Petualangan Sherina Tetap Tuai Respon Positif Meski Ada Kendala

Musikalisasi Petualangan Sherina tuai respons positif dari para penonton. Sebut aja seperti musisi wanita Tanah Air, Raisa Andriana yang mengatakan merasa nostalgia berkali-kali lipat setelah menyaksikan pertunjukan. Sebab, acting dari pemeran tokoh Sherina yang sangat mirip dengan karakter Sherina dalam filmnya.

“Rasanya tetap nostalgia. Terutama pemeran Sherina yang bagus banget nyanyinya. Udah gitu suaranya mirip banget sama Sherina yang ada di film. Jadi aku nostalgianya berlipat-lipat ganda. Yang paling spesial adalah sekarang aku nontonnya udah sama anak, because this is her first musical,” ungkap Raisa.

Derby Romero, artis sekaligus pemeran karakter Sadam dalam film, juga nggak mau ketinggalan memberikan komentar nih Vox. Mengetahui karakter Sadam masih hidup dan terus beregenerasi sampai saat ini, Derby merasa bangga dan sangat terhormat.

“Yang pasti gue seneng banget, bahagia banget dan selalu terharu ketika menonton. Dari yang pertama kali gue tonton sampai hari ini selalu semakin bagus. Jujur gue speechless semua castnya luar biasa, pokoknya gue terharu dan bahagia banget hari ini,” jelas Derby.

Apresiasi yang begitu besar tetap mengalir untuk Musikal Petualangan Sherina walaupun terjadi kesalahan teknis pada pertunjukan kelima, pada 3 Juli 2022, pukul 16.00 WIB. Flybar atau mesin set gantung mengalami kerusakan dan menyebabkan set pohon melayang di tengah adegan. Pertunjukan pun dihentikan selama 30 menit dengan alasan keselamatan dan untuk mengecek kondisi mesin.

Atas gangguan teknis tersebut, penonton diberi dua pilihan; melanjutkan pertunjukan dengan posisi set pohon masih menggantung atau menyudahinya. Pimpinan produksi juga menawarkan pilihan refund bagi penonton yang merasa kecewa. Tapi, dengan kompak para penonton setuju untuk melanjutkan pertunjukan sambil memberikan semangat kepada tim Musikal Petualangan Sherina.

Diluar kesalahan teknis tadi Vox, Nuya berharap Musikal Petualangan Sherina ini bisa meningkatkan budaya menonton teater di tengah masyarakat Indonesia. Sehingga, nantinya akan semakin banyak masyarakat yang mencintai dan mengapresiasi pertunjukan teater.

Mengenal Jakarta Movin, Penyelenggara Musikal Petualangan Sherina

Ngomong-ngomong soal Musikal Petualangan Sherina, lo udah tau belum gimana seluk beluk pihak penyelenggaranya Vox?

Jakarta Movin (Jakarta Movement of Inspiration) merupakan sebuah komunitas yang secara konsisten menghadirkan pertunjukan-pertunjukan teater musikal sebagai ajang kolaborasi pemuda dan juga lokakarya-lokakarya. Komunitas ini juga menjadi rumah bagi ratusan pemuda yang punya minat dan kemampuan di bidang seni, baik di atas maupun di balik panggung.

Setelah 8 tahun berdiri, Jakarta Movin kini telah dipercaya memproduksi berbagai pertunjukan, iklan, video musik, dan konten brand. Beberapa diantaranya Soft Launching Jakarta International Stadium (2022), Allo Musical bersama Reza Rahadian – Allo Festival (2022), Blu Musical bersama Yura Yunita (2021), Video Klip ‘Hepeng’ oleh Jebung (2021), serta melatih para talent dari Pocari Sweat Bintang SMA 2020 & 2021.

Pokoknya, nggak usah diragukan lagi deh kualitas dari Jakarta Movin. Kalo kemarin kelewatan menyaksikan Musikal Petualangan Sherina, lo bisa banget buktiin sendiri keseruannya dengan menyaksikan pertunjukan-pertunjukan karya Jakarta Movin selanjutnya.

Adapun Jakarta Movin bakal menyelenggarakan pertunjukan ‘9Sembilu’ di Festival Musikal Indonesia (Agustus 2022) dan ‘Teater Musikal Cek Toko Sebelah’ kolaborasi dengan Ernest Prakasa dan Starvision (Desember 2022). Sedikit bocoran nih Vox, mereka bakal open audition di bulan Agustus, lho!!

Cek info selengkapnya di Instagram @jakartamovin, Vox!