Di masa melek teknologi kayak sekarang, sebagian besar orang pasti udah menggunakan aplikasi yang ngebantu memobilisasi semua pekerjaan. Salah satu aplikasi yang paling sering digunakan adalah G-Mail!

Seperti namanya Vox, G-Mail atau Google Mail merupakan layanan pengiriman surat elektronik gratis yang di-provide oleh Google. Nah, sebagai pengguna aktif G-Mail, lo udah tau belum kalo G-Mail punya fitur-fitur rahasia yang bakal memberikan kemudahan dalam kirim mengirim pesan elektronik?

1. Suka Salah Kirim? Tenang, Sekarang Ada Fitur Undo Send

Lo pasti pernah kan Vox salah kirim e-mail? Niatnya ngirim ke si A, eh malah ke kirimnya ke si B. Kadang e-mail penerimanya udah bener sih, tapi giliran file nya yang salah input! Hadeh.

Kalo pengalaman ini relate, lo harus coba fitur undo send Vox. Cara aktifinnya gampang kok, lo tinggal menuju ke menu setting, lalu klik ikon roda gear. Kerennya lagi, di fitur ini lo bisa pilih batas waktu unsend pesannya, mulai dari 5 – 30 detik.

2. Cari Berkas Lawas? Coba Ketik Ini di G-Mail Lo!

Duh, lagi buru-buru nyari berkas di G-Mail tapi baru sadar kalo itu berkas lama. Mau coba scroll buat nyari, tapi berkasnya udah tenggelem jauh. Tenang Vox, G-Mail punya solusinya!

Tinggal ketik “after:” atau “before:” aja di kolom pencarian G-Mail lo, Vox. Misalnya, lo mau cari berkas atau e-mail sebelum tahun 2021, tinggal tulis tahunnya setelah titik dua. Contoh: “before:2020”. Selain itu, lo juga bisa ketik “older_than:” atau “newer_than:” untuk cari e-mail yang lebih spesifik.

3. Walaupun Offline Lo Masih Bisa Cek Email, Lho

Nah, fitur satu ini cocok buat lo yang mendadak suka kehabisan kuota tapi kudu cek e-mail saat itu juga.

Lo tau nggak Vox kalo sekarang G-Mail bisa diakses dalam mode offline. Caranya tinggal aktifin aja mode ini di menu setting, terus download deh e-mail yang mau lo baca nanti. Eh, btw sekarang G-Mail bisa nyimpen e-mail lo selama 90 hari lho.

4. Atur Jadwal Kirim Pesan? Bisa Banget!

“Waduh, gue lupa banget ngirim e-mail laporan ke atasan. Bisa-bisa kena SP 3 nih!” ini POV gue waktu belum tau kalo G-Mail ternyata punya fitur schedule sent.

Tapi, sekarang gue nggak perlu takut lagi karena gue udah ngejadwalin semua e-mail yang mau dikirim. Jadi, nanti e-mail gue bakal terkirim dengan sendirinya sesuai jadwal yang udah gue atur. Buat lo yang belum tau caranya, klik ikon 3 garis dipojok kanan atas lalu pilih schedule sent.

Gimana, Vox? 4 fitur G-Mail di atas ngebantu banget ya buat kaum-kaum teledor dan pelupa hehehe~