Vox, biasanya lo kalo lagi sakit hati dan kecewa berat sama pasangan, lo tipe yang nggak ngungkapin sama sekali atau malah meledak-ledak?

Mengkomunikasikan apa yang lo rasain ke orang lain emang sulit. Karena satu sisi lo lagi marah banget dan satu sisi lagi karena lo takut bakalan nggak didengerin, dan ini lebih bikin sakit hati.

Tapi sebaiknya lo ungkapin perasaan lo ke pasangan lo. Karena dengan lo ngasih tentang apa yang lo rasain, bakalan bikin hubungan lo justru lebih baik. TAPI perlu lo inget, kalo pasangan lo yang salah, lo jangan ujug-ujug nyalahin pasangan lo. 

Nah biar lo nggak salah ngomong, dan ujung-ujungnya nanti malah jadi berantem. Mending cek 3 langkah komunikasiin perasaan lo ke pasangan.

1. Berpikirlah Kalo Ending-nya Bakalan Baik-baik Aja

Kebanyakan orang biasanya bakalan menghindar buat mengekspresikan dirinya cuma buat sekedar nggak mau nyiptain konflik. Padahal asumsi ini salah. Kebanyakan orang yang berpikir seperti ini mungkin di masa lalu pernah dikecewakan sama respon dari pasangannya.

Nah, disini pikiran lo bermain nih. Kalo lo udah mikir “wah ini ending-nya bakalan berantem”, sama aja lo nyiapin diri lo buat berantem. Ketika lo udah berekspektasi kaya gitu, lo akan cenderung menghindari perasaan negatif lo. Alhasil lo akan jadi awkward sama pasangan lo.

Lebih baik, coba bayangin gimana caranya lo berkomunikasi dengan pasangan lo setenang mungkin. Saat lo gak berekspektasi komunikasi itu bakalan baik-baik aja, cara lo menyampaikan ke pasangan dan energi lo juga bakalan positif.

2. Sampaikan Perasaan Lo Tanpa Nyalahin Pasangan Lo

Biasanya kalo lo udah punya keberanian buat berdiskusi sama pasangan, lo bakal cenderung buat mengawali percakapan dengan nyebutin kesalahan dari pasangan. “Aku kesel, karena kamu main ML terus” “aku marah, soalnya kamu ga bales chatku 2 jam”

Iya bener kok, mengekspresikan perasaan itu adalah salah satu dari komunikasi yang baik, tapi kalau dilanjutin dengan kalimat yang seakan-akan nyalahin pasangan lo secara gamblang, akan berakibat pasangan lo yang menjadi defensive dan alhasil mereka akan sungkan dengerin apa yang mau lo sampein.

Jadi, mulailah percakapan dengan sesimpel bilang perasaan lo tanpa embelembel langsung menyalahi. “Aku sedih”, “aku marah”, “aku kecewa”. Kedengeran simpel, tapi susah dilakuin karena lo takut pasangan lo nggak memvalidasi apa yang lo lagi rasain atau parahnya ga peduli. Tapi inget, kalo emang pasangan lo sayang sama lo, jawaban normal yang bakal dia lontarkan pasti “kenapa?”. Kalau udah gitu, berarti pasangan lo udah mulai fokus buat dengerin apa yang mau lo ungkapin.

3. Ungkapin Apa yang Sebenarnya Lo Inginkan Dari Pasangan Lo, Berikan Solusinya

Rasa sakit biasanya bermuara dari sesuatu yang lo nggak suka atau nggak lo inginkan. Nah, biasanya kebalikan dari “sesuatu yang gak lo inginkan” adalah “sesuatu yang lo inginkan”. Misal, “Aku sedih, kamu jarang ada waktu untuk aku”, berarti “Aku sedih, aku pengennya kamu bisa lebih ada banyak waktu untuk aku”.

Ada bagusnya, lo skip aja kalimat dimana lo menjelaskan dan justifikasi perasaan lo dan langsung lompat ke kalimat “apa sih yang lo pengenin”.

Kalau lo meminta seseorang untuk berhenti ngelakuin hal yang nggak lo suka, itu sama aja lo mengkritik orang tersebut. Tapi berbeda kalo lo approach pasangan dengan meminta apa yang sebenarnya lo pengenin. Jadi, pasangan lo nggak langsung defensive karena merasa disalahkan dan dia justru bakalan merasa terdorong dan paham apa yang lo sebenarnya inginkan. Dengan begitu, kemungkinan besar ungkapan hati lo bakal didengar. 

Nah, itu dia 3 langkah yang bisa lo lakuin untuk berkomunikasi sama pasangan kalo lo lagi sakit hati atau bete. Inget salah satu yang membuat hubungan itu bertahan adalah dengan adanya komunikasi yang baik. Makanya lo nggak boleh sepelein komunikasi, even lo lagi sakit hati.

Baca tips soal hubungan dan pasangan lainnya di sini, buruan!!!