Menonton film menjadi salah satu kegiatan yang digemari sebagian besar orang untuk menghabiskan waktu luang mereka. Selain itu, menonton film juga bisa menjadi cara seseorang untuk melepas stress. Ternyata, ada fakta lain soal menonton film yang wajib lo tau apalagi kalo lo lagi dalam proses menurunkan berat badan!

Menonton film bergenre horror bisa membantu membakar banyak kalori, lho. Tentunya ini menjadi kabar bahagia buat lo yang hobi banget nonton film horror. Tapi, kok bisa ya?

Nonton Film Horror 90 Menit Efektif Bakar Hingga 113 Kalori

Peneliti dari University of Westminster London menemukan fakta bahwa menonton film yang banyak jump scare-nya selama 90 menit dapat membakar 113 kalori. Jumlah tersebut setara dengan berjalan kaki selama 30 menit atau sekitar 2,4 – 3,2 kilometer. Semakin banyak adegan seram dan bikin jantung deg-degan, semakin banyak juga kalori yang dapat terbakar.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti meminta beberapa partisipan untuk menonton film horror. Kemudian, mereka mengukur tingkat detak jantung, asupan oksigen, dan pengeluaran karbon dioksida dari masing-masing partisipan. Hasilnya, ada peningkatan detak jantung yang memicu pemompaan darah ke seluruh tubuh lebih cepat sehingga ada lonjakan adrenalin.

“Saat detak jantung naik dan darah terpompa ke tubuh lebih cepat, tubuh mengalami kenaikan adrenalin. Pelepasan adrenalin yang cepat menghasilkan rasa takut yang kuat, sehingga bisa menurunkan nafsu makan, meningkatkan tingkat metabolisme, dan akhirnya membakar kalori dalam jumlah lebih tinggi,” jelas seorang psikolog yang terlibat dalam penelitian, Dr. Richard Mackenzie.

Tak hanya satu, tapi para peneliti menguji beberapa judul film horror. Hasilnya tetap sama, setiap film horror efektif membakar kalori dengan jumlah yang hampir sama. Berikut beberapa film horror yang direkomendasikan:

  1. The Shining : 184 kalori
  2. Jaws : 161 kalori
  3. The Exorcist : 158 kalori
  4. Alien : 152 kalori
  5. Saw : 133 kalori
  6. A Nighmare on Elm Street : 118 kalori
  7. Paranormal Activity : 111 kalori
  8. The Blair Witch Project : 105 kalori
  9. The Texas Chain Saw Massacre : 107 kalori
  10. [Rec] : 101 kalori

Pejuang defisit kalori, lo tertarik nggak mencoba metode yang satu ini?