Makhluk Mitologi Yunani berkepala ular dengan wajah menyeramkan, Medusa, akhir-akhir ini sering banget muncul di TikTok. Potret Medusa sendiri muncul di cuplikan akhir dari setiap video yang menceritakan kisah para penyintas kekerasan dan pelecehan seksual.

@saskiaalzhr

it’s not easy to growing up and always pretending this never happened. It’s not a shame so I should speak up.

♬ Why are ppl using my sound_ – Avery ᥫ᭡

Bagi sebagian orang, trend ini cukup membingungkan ya Vox. Lo jadi salah satu orang yang bertanya-tanya juga nggak tentang apa hubungan Medusa dengan kisah penyintas kekerasan seksual?

Medusa, Korban Pelecehan Seksual Yang Terbungkam

Kasus kekerasan dan pelecehan seksual ibarat peluru nyasar yang bisa menyerang siapa pun, tanpa pandang bulu. Perempuan maupun laki-laki, dengan pakaian terbuka atau bahkan tertutup sekali pun bisa menjadi korbannya. Dominasi yang kuat dari pelaku menjadikan korban terbungkam dan enggan untuk mengungkap kasus yang mereka alami.

Kisah tragis para korban pelecehan seksual yang terjadi saat ini serupa dengan apa yang dialami oleh greek mythology creature, Medusa. Ironisnya, Medusa difitnah hingga dirinya diubah menjadi makhluk berambut ular dengan mata tajam yang mampu membuat siapa pun membeku ketika menatap matanya.

Kalo lo suka banget ikutin kisah-kisah mitologi Yunani, you might know that Medusa was once a kind and beautiful. Saking cantiknya Vox, Medusa bisa membuat para dewa jatuh hati!

Sebenernya, ada banyak banget versi soal Medusa. Tapi, mengacu pada Ovid’s version Medusa merupakan seorang rakyat biasa yang mengabdi di Kuil Parthenon milik Athena, dewi kebijaksanaan. Untuk menjadi pendeta, Medusa harus memenuhi beberapa persyaratan; tetap perawan dan konsisten mengabdi pada sang dewi.

Sayang, pengabdiannya harus berakhir pilu dan mengubah jalan hidupnya. She was brutally attacked and raped by God of the Sea, Poseidon. Hal keji tersebut dilakukan Poseidon di kuil Athena. Meski mengetahui perbuatan Poseidon, Athena nggak bisa berbuat apa-apa. Dia lebih memilih untuk menyalahkan Medusa dengan alasan melanggar sumpah dan menodai kuil sucinya.

Athena akhirnya mengubah Medusa menjadi sosok menyeramkan berkepala ular berkulit kehijauan. Mitosnya, sekali beradu pandang sama Medusa, seketika lo bisa berubah jadi batu.

Medusa Simbol Penyintas Kekerasan Seksual

Meskipun mitologi Yunani hanyalah kisah fiksi belaka, tapi tetap dapat menyajikan pandangan-pandangan yang berharga dalam hidup. Apalagi, beberapa kisah mitologi Yunani seperti Medusa ini dapat merepresentasikan kondisi sosial yang sedang terjadi.

Dewi Athena ibarat penegak keadilan yang lumpuh karena kekuasaan. Sementara, Dewa Poseidon menjadi empunya kuasa yang menyalahgunakan power-nya untuk menindas kaum yang lemah. Medusa? Menjadi korban dari tengilnya sebuah sistem.

Saat ini udah banyak korban kekerasan dan pelecehan seksual yang berani untuk speak up. Mereka lantas menggunakan Medusa sebagai sebuah gambaran atas pengalaman pilu yang mereka alami. Medusa menjadi simbol keberpihakan terhadap korban kekerasan dan pelecehan seksual.

Kalo lo merupakan korban pelecehan dan kekerasan seksual, tapi belum berani untuk speak up. Lo bisa minta pertolongan ke Komnas PPA dengan menghubungi SAPA129 atau hotline WhatsApp 0821112912 atau 021 390396. Lo juga bisa mengirim surel ke email Komnas HAM pengaduan@komnasham.go.id atau melalui laman https://pengaduan.komnasham.go.id/home/pengaduan-online.