Gue ada pertanyaan nih, Vox. Apa yang lebih menyenangkan dari tanggal merah di weekdays?! Yak benul (benar dan betul), OPEN INTERNSHIP CRETIVOX! Wohoo, nggak kerasa ya the most prestigious internship udah nyampe di batch 8 *brb nangis bombay. Lo semua udah pada daftar belum tuh?

Buat yang udah daftar, lo semua gokil dan PE CE HA (pecyaah) abis, Vox. Nah, sambil menunggu e-mail masuk dan undangan interview dari team recruitment Cretivox mending lo intip dulu tips dan trik dari gue supaya keterima menjadi bagian dari batch 8.

Baca pake mata dan hati ya, Vox, niscaya lo bisa keterima magang. AMIN? AMIN!

Know Yourself

Socrates pernah bersabda, “to know thyself is the beginning of wisdom.” Kenapa sih, lo harus kenal diri sendiri?

Ketika lo kenal diri sendiri, lo bakal lebih mudah menentukan pilihan terbaik tentang apapun. Kenal diri sendiri juga ngebantu lo untuk melawan kebiasaan buruk sehingga bisa menjadi pribadi yang lebih baik setiap waktunya.

“Terus gimana caranya tau diri sendiri?” Gunakan rumus VITALS!

V (Values) – Coba lo tanya. Apa aja ya sisi positif dari diri lo? Apa aja ya hal membanggakan yang lo pernah lakuin, sekecil apapun itu? Dari sana lo bakal sadar, kalo ternyata lo punya value (nilai) dan keberadaan lo merupakan anugerah.

I (Interests) – Mulai deh cari hal apa yang bikin lo penasaran banget! Caranya dengan tanya ke diri sendiri, “apa ya yang lagi pengen gue pelajari banget?”, “apa ya hobi gue?’, “apa ya yang gue khawatirkan?”. Pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa menuntun kepada potensi lo.

T (Temprament) – Lo termasuk tipe yang mana nih, introvert atau ekstrovert? Terus, lo lebih gampang marah atau tenang-tenang aja ketika ada masalah? Tau bagaimana karakter lo, bisa membuat lo tau apa yang seharusnya dilakukan atau nggak dilakukan ketika dalam masalah.

A (Around-the-Clock Activities) – Kegiatan apa aja yang sering banget lo lakuin? Misalnya, bangun siang atau rajin olahraga. Kalo bersifat negatif, lo bisa mulai merubah dan mengurangi kebiasaan tersebut. Tapi, kalo sifatnya positif ya gas aja sieee dan tetap konsisten!

L (Life Mission and Meaningful Goals) – Lo semua pasti punya peristiwa berharga yang sangat merubah tujuan hidup. Misal, lo pernah ngerawat keluarga lo yang lagi sakit. Setelah peristiwa itu, lo jadi punya cita-cita membantu orang yang sakit. Lo bisa tuh cari jawaban atas tujuan hidup dengan bertanya, “apa ya peristiwa berharga dalam hidup gue?”.

S (Strengths) Nah, coba sekarang cari tau apa kekuatan dan skill lo. Tau apa kekuatan lo bisa membuat lo fokus terhadap pengembangan diri.

Be Yourself

Se-sempurna apapun orang yang ada di sekitar dan yang lo liat di explore Instagram atau TikTok, nggak ada yang mampu menyaingi keunikan dan ngeduplikat lo. Mungkin ini klise ya, tapi bener lho setiap orang itu dilahirkan berbeda dan memiliki keunikannya masing-masing.

Lo nggak perlu berlagak menjadi orang lain hanya untuk mendapatkan sebuah pujian atau supaya bisa terkenal. Daripada membandingkan diri lo dengan orang lain, coba renungkan dan bandingkan diri lo di masa lalu serta di masa sekarang. Bayangkan juga, lo mau jadi apa sih beberapa tahun ke depan?

Ketika jawaban yang lo dapat adalah “diri gue sekarang dan di 5 tahun lalu masih sama, masih stuck disini-sini aja”. Coba tanya lagi, “apa bener stuck atau gue yang nggak menyadari perubahan sekecil apapun?”. Karena pada dasarnya semua orang akan selalu belajar dan berkembang.

Dari renungan itu lo bisa mengetahui apa aja yang perlu diubah dan di-upgrade agar lo menjadi pribadi yang berkualitas. Hal apa yang bisa dilakukan agar lo bisa mencapai tujuan lo dibeberapa tahun mendatang. Misalnya, upgrade skill ataupun penampilan.

Intinya, jadilah diri sendiri tapi dengan versi terbaik.

Show Yourself

Tahap know yourself dan be yourself udah berhasil lo lewati dengan baik, kini saatnya SHOW YOURSELF!

Kalo lo udah yakin dengan kemampuan diri sendiri dan menjadi versi terbaik, nggak ada alasan lagi untuk lo malu-malu menunjukkan siapa lo yang sebenernya. Branding diri lo sebaik-baiknya, ciptakan citra diri yang menarik dan positif.

Semisal lo punya kemampuan menulis, coba deh bikin blog atau jurnal. Kemudian, mulai bagikan hasil karya lo ke temen terdekat hingga ke followers lo di sosial media. Konsistensi dan kejujuran adalah kunci! Lama-lama personal branding lo bakal mulai terbentuk dan orang-orang tau kalo lo merupakan penulis yang handal.

Menyusun personal branding sejak dini tentu menjadi sebuah investasi yang akan membuat lo lebih mudah dikenal dan mendapat pekerjaan.

Penting Nih, Cari Tau Soal Cretivox dan Jobdesc Posisi yang Lo Apply!

Nah, ini nih tips yang nggak boleh lo lewatin! Ya namanya juga berusaha untuk masuk dalam suatu perusahaan, pastinya lo harus tau dengan baik profil perusahaan dan job description dari posisi yang lo apply.

Ibaratnya, lo naksir banget sama seseorang. Buat ngedapetin hatinya, lo pasti bakal cari tau gimana orangnya, cara menghadapinya, bahkan seluk beluk dari orang tersebut. Hal serupa juga harus lo terapin ketika mencari pekerjaan.

Dengan mengetahui bagaimana perusahaan dan jobdesc dari posisi lo, tim rekrutmen pasti bisa menilai keseriusan lo dan seberapa tinggi minat lo bekerja di sana.

Jadi, mulai sekarang coba tuh scroll-scroll Instagram dan website Cretivox. Bisa juga coba SKSD (sok kenal sok deket) sama temen-temen Cretivox yang posisinya sesuai sama yang lo apply hehe. Tanya ke mereka tentang work-flow dan jobdesc-nya.

Itu dia sedikit tips dan trik dari gue untuk lo semua calon-calon intern Cretivox batch 8. Terima kasih atas antusiasme kalian dan udah berani untuk daftar. Teruslah berjuang, berdoa, and the best you can do is try your best.

GOODLUCK, Vox. Sampai ketemu di pertengahan September nanti! Buat tambahan tips lo bisa baca artikel dari rekan gue, Mbak Dhillah, di sini ya!