Vox, lo pasti pernah kan berantem sama adik atau kakak lo? Sebenernya pertengkaran antar saudara itu hal yang wajar. Semua anak pasti sering berkelahi, apalagi kalo adik kakak tinggal satu rumah.

Nah, makanya dibutuhkan peran orangtua dalam meminimalisir dan membantu menyelesaikan pertengkaran anak-anak. Berikut ini cara yang seharusnya dilakukan orang tua dalam mengatasi pertengkaran antar anak.

1. Berusaha Menjadi Penengah

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah dengan berusaha menjadi penengah. Lakukanlah cara negosiasi. Seperti yang diketahui, seiring bertambahnya usia, anak akan sering dihadapkan pada suatu keputusan dan menyelesaikan masalahnya sendiri.

Nah, ajarkan anak untuk berdamai dan menemukan solusi yang sekiranya menguntungkan kedua belah pihak. Dengan cara ini, anak akan terbiasa membuat keputusan bijak dan mudah untuk kembali berteman setelah bertengkar. Cara ini pun membantu anak buat tau cara meminta maaf, lho.

2. Hindari untuk Membela Salah Satu Anak

Salah satu hal yang menjadi pemicu pertengkaran anak yang tanpa disadari orang tua adalah rasa cemburu. Terkadang orang tua terlalu dominan dalam membela anak sehingga anak yang lain merasa selalu dinomorduakan. Alhasil, mereka sering membuat pertengkaran dengan anak lain untuk mendapat perhatian.

Kalo orang tua terus membela salah satu anak yang sama, tentunya pasti bakalan menimbulkan luka pada sang anak. Sementara anak yang dibela mungkin akan merasa semakin keras kepala dan nggak mau mengakui kesalahannya. Itulah kenapa penting buat orang tua untuk bersikap adil kepada anak-anaknya.

3. Luangkan Waktu untuk Berbicara Empat Mata dengan Anak

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan orang tua buat menghadapi pertengkaran adalah dengan meluangkan waktu berbicara empat mata dengan setiap anak. Cara ini nggak cuma membangun kedekatan antara orang tua dengan anak aja, tapi juga membangun relasi yang sehat antar anak.

Semakin anak merasa dekat dan terpenuhi oleh orang tuanya, maka anak bakalan merasa semakin terhubung dengan orang tuanya. Anak pun juga bakal saling melindungi satu sama lain dan nggak memandang kakak atau adiknya sebagai kompetitor.

4. Berikan Disiplin yang Sama

Lupakan siapa yang memulai pertengkaran, disiplinkan perilaku buruk kakak dan adik dengan konsekuensi jelas dan sama. Usahakan nggak pilih kasih, hormati semua perasaan anak-anak dengan mencintai dengan cara setara.

Nah, itu dia empat cara mengatasi pertengkaran kakak beradik untuk mencegah kebencian berlarut Vox. Yuk terapkan beberapa cara ini supaya anak-anak di rumah bisa meredakan konflik antarsaudara tanpa menimbulkan pertengkaran hebat.