Haiii hai Confie, lo setuju kan kalokulit jadi salah satu investasi penting buat manusia? Makanya kesehatan dan kebersihan kulit harus menjadi perhatian khusus.

Selain jadi bagian terluar tubuh yang membalut dan melindungi seluruh bagian tubuh, kulit wajah khususnya, pasti jadi daya tarik tertentu. Kalo nggak dijaga, pasti bisa berpotensi buat muncul masalah-masalah yang mengganggu kayak jerawat, komedo bahkan sampai keriput yang pastinya membuat penampilan lo jadi kurang ‘menarik’. 

Makanya sekarang ini, banyak bertebaran ‘skincare’ yang lo pahami sebagai perawatan wajah, padahal pada artinya ini perawatan tubuh, lho! Sekarang banyak juga yang nggak peduli sama perawatan tubuh. Padahal, dr. Kamilah Al Jaidi menganjurkan untuk memulai tahapan skincare yang sederhana dan cocok buat lo pemula, dengan 3 langkah berikut!

1. Rutin Membersihkan Wajah dengan Metode Double Cleansing

Setelah beraktivitas seharian, belum lagi kalo pakai makeup, penting banget buat lo membersihkan wajah sebelum akhirnya melanjutkan tahapan skincare lainnya.

Double cleansing tuh gimana sih? Jadi, diawali dengan produk pembersih yang oil-based atau micellar water untuk hapus make-up, SPF, dan sebum, lalu baru deh pakai facial wash biar membersihkan residu yang masih menempel di wajah lo! 

2. Menggunakan Pelembab atau Moisturizer

Kulit butuh produk yang cocok untuk bisa menyeimbangkan kadar kandungan air di lapisan wajah, dengan moisturizer yang sesuai, diharapkan kulit terhidrasi dengan baik sehingga dapat mencegah munculnya garis-garis kerutan dini serta mengencangkan kulit. Lo nggak mau dong dikira udah lebih tua dari umurnya gara-gara berkerut 🤪

Oiyaa, jangan takut ya walaupun kulit lo berminyak, tetep harus pakai moisturizer! Carilah moisturizer yang emang diformulasi untuk cocok di tipe kulit lo ya!

3. Pakai Serum di Malam Hari dan Sunscreen di Pagi Hari

Confie lo harus tau, serum punya beragam jenis dan manfaat lho! Serum punya berbagai bahan aktif yang memiliki tujuannya masing-masing, makanya penting buat lo untuk mengetahui kebutuhan dari kulit sendiri, serta bahan reaktif mana yang boleh digunakan bersamaan.

Di lain sisi, untuk sunscreen juga ada ragam bentuknya, loh! Ada yang spray, ada yang cream, gel ada yang stick juga! Sunscreen penting banget lo pakai untuk melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari, selain itu juga sinar UV dari lampu yang ada di ruangan ataupun jalan loh! Selain itu, juga bisa mengurangi risiko terserang kanker kulit, flek hitam, dan juga menghindari dari sunburn.

Pakai skincare juga nggak mandang usia lho Confie! Tanpa disadari, ternyata dari bayi kita juga uda di-skincare-in lho! Dicuciin mukanya, dikasih lotion, bahkan kadang dikasih sunscreen biar nggak ‘gosong’.

@condfe

Tuh catet! Balik lagi sesuai kebutuhan masing-masing ya untuk menggunakan skincare 😉 #skincare101 #tiktokberita #tiktoktainment

♬ Elevator Music – Bohoman

Tapi diingetin lagi nih sama dr. Kamilah Al Jaidi, kalau penggunaan skincare itu sesuai kebutuhan. Kalau dirasa di usia 12 udah butuh karena munculnya jerawat akibat pubertas, maka nggak masalah buat coba skincare! Apalagi nih, sesuai pemaparan dr. Kamilah Jaidi, paparan sinar UV udah semakin besar karena lapisan ozon yang semakin menipis, belum lagi Indonesia sebagai negara tropis yang intensitas paparan sinar mataharinya lebih tinggi dibanding negara-negara lainnya membuat kita harus rajin-rajin nih pake sunscreen!