Lo pernah terjebak di kerumunan yang penuh orang? Bikin sesek kan tuh pasti. Nggak cuma napas lo jadi minim, badan lo juga bakal kehimpit orang-orang, memungkinkan lo bisa jatoh dan keinjek-injek.

Kasus soal kerumunan lagi rame di mana-mana karena makan banyak korban. Contohnya kayak kasus Itaewon Halloween kemarin, konser NCT 127 The Link di Jakarta sampe dibubarin, terus kejadian pas Sehun dateng ke Central Park pengunjungnya membludak.

Hayolo jadi parno ya pas mau dateng ke tempat rame? Coba deh ikutin tips yang bakal gue bagiin buat lo ini biar lo selamat kalo misal lagi terjebak di kerumunan.

1. Taro Tangan di Depan Kayak Mau Tinju.

Ini biar bagian sekitar dada lo ada ruang untuk oksigen. Karena mayoritas penyebab tumbangnya orang pas di kerumunan itu kekurangan oksigen. Kalo posisi tangan lo nggak kayak begini, paru-paru lo bisa terhimpit dan nggak punya cukup ruang buat ngebiarin lo tetep bernapas. Jadi angkat aja kedua tangan lo di depan dada, anggep kayak lagi mau bertarung ngelawan ombak manusia wkwkwk.

2. Berdiri yang Stabil, Jangan Goyah!

Usahain buat terus berdiri dengan kaki yang stabil waktu lo terhimpit di tengah kerumunan. Taro satu kaki lo di depan, terus lututnya sedikit ditekuk, biar lebih fleksibel bergerak, mirip kayak kuda-kuda mau tinju sih. Pokoknya berusaha sekuat mungkin biar lo nggak jatoh.

Kalo lo jatoh, bakalan susah banget buat balik berdiri karena ya ramenya itu. Kalo lo tetep berdiri itu juga ngebantu orang lain, soalnya kalo lo jatoh yang ada orang di sekitar lo juga ikutan ambruk nah terus merembet deh ke yang lainnya jadi efek bola salju.

3. Jangan Dorong-dorongan, Sabar..

Yang harus lo tau nih ya, di kerumunan itu semuanya tentang reaksi berantai. Kalo lo ngedorong orang di sekitar, mereka bakal ngedorong yang lainnya, terus dorongan itu bakal nyampe lagi ke kalian. Ya kayak nggak ada habisnya lah jadinya dorong-dorongannya.

Mendingan lo terima aja keramaian yang ada, jangan jadi orang pendendam di situasi kayak begini. Kalo lo ngerasa kedorong sama orang, jangan ngedorong balik. Iya gue tau itu nggak nyaman, tapi itu cara terbaik buat berperilaku di situasi kayak gini.

4. Barang yang Jatoh Biarin Aja, Gak Usah Diambil.

Beneran deh, kalo ada barang lo yang jatoh dibiarin aja. Walaupun itu barang kesayangan lo, mendingan ikhlasin aja sih Vox kata gue. Kalo udah sekalinya nunduk, lo bakalan susaaah banget buat berdiri tegak lagi dan badan lo lebih gampang buat ikutan jatoh juga jadinya. Jadi lebih baik sih ya jangan bawa barang banyak-banyak kalo lo tau tempat itu bakal rame.

5. Kalo Terlanjur Jatoh, Meringkuk Aja.

Kalo lo udah berusaha sekuat mungkin berusaha buat berdiri dan berpose ala petarung tapi tetep aja jatoh, yaudah itu namanya nasib. Jangan teriak karena itu bakal ngabisin energi dan oksigen. Lo harus pasang posisi meringkuk kayak bayi ya Vox kalo jatoh di kerumunan, biar dada, paru-paru, dan kepala lo bisa terlindungi.

Boleh parno sama kerumunan, tapi kalo emang maksain mau dateng ke situ lo harus udah siap sama konsekuensinya. Jangan pernah panik pokoknya kalo lagi terjebak di kerumunan. Liat lagi judulnya, bergaya ala petarung. Kayak yang gue bilang tadi, anggep lo lagi bertarung ngelawan ombak manusia di depan lo.

Oh sama satu lagi sih Vox yang nggak boleh dilupain, banyak-banyak berdoa ya supaya lo dikasih keselamatan dan umur yang panjang. Tips ini boleh lo terapin ya Vox kalo lo lagi terjebak di kerumunan. Semangat! Tapi kalo bener-bener udah nggak kuat, pasrah aja, tapi tetep semangat!