Lo belum haid juga di bulan ini padahal harusnya udah lewat tanggalan? Nggak usah panik, itu wajar aja kok Vox selama jedanya belum terlalu lama.

Terlambat haid bisa juga karena gaya hidup lo yang kurang sehat, stres berlebih, PCOS, atau lebih lengkapnya baca di sini. Yang bisa lo lakuin biar datang bulan alias haid lo lancar sesuai jadwal salah satunya dengan ngebenerin gaya hidup lo.

Mulai rutinin olahraga, benerin pola makan lo, cukupin kebutuhan nutrisi tubuh lo, sama relaksasi jangan lupa. Karena nutrisi ngaruh banget buat tubuh lo, ada makanan yang mengandung nutrisi tertentu yang bisa ngebikin lo cepet haid. Nih disimak dulu apa aja yang bisa bikin haid cepet keluar dan lancar.

1. Kunyit

Karena di dalam kunyit ada kandungan yang bisa ngerangsang aliran darah di bagian panggul dan rahim cewek. Juga dipercaya bisa mempengaruhi tingkat estrogen dan progesteron yang merangsang haid. Nggak harus makan kunyitnya sendirian, lo bisa minum jamu kayak kunyit asem, atau makan soto yang pake kunyit.

2. Nanas

Buah kuning yang jadi rumah Spongebob ini mengandung bromelain, senyawa enzim yang dipercaya bisa mempengaruhi hormon di dalam tubuh termasuk estrogen. Bahkan penelitian yang ada di Journal of The Pakistan Medical Association menunjukkan kalo kandungan bromelain di nanas itu bisa ngebantu lancarin haid yang nggak teratur akibat peradangan.

Lo bisa makan buah ini langsung setelah dibersihin dan dipotong-potong, boleh juga dijadiin jus dulu, atau makan sebagai topping pizza juga bisa banget.

3. Vitamin C

Selain bisa memperkuat sistem imun lo, vitamin C juga bisa ngebantu lo biar cepet haid. Di dalam vitamin C ada kandungan asam askorbat yang dianggap bisa meningkatkan kadar estrogen dan kontraksi rahim. Fyi tubuh lo nggak bisa hasilin vitamin C sendiri, lo bisa dapetin ini dari buah-buahan kayak jeruk, lemon, kiwi, atau tomat.

4. Cuka Apel

Cuka apel bisa menurunkan indeks resistensi insulin atau gangguan sensitivitas insulin yang jadi salah satu penyebab PCOS (sindrom ovarium polikistik). Intinya cuka apel bisa ngembaliin fungsi ovulasi biar cepet haid lewat peningkatan sensitivitas insulin pada pasien PCOS. Lo bisa minum ini langsung, nggak usah banyak-banyak, satu sendok makan setiap hari aja udah cukup.

5. Jahe

Di jahe ada senyawa yang bisa ngelindungin tubuh dari peradangan. Kandungannya juga bermanfaat buat memicu kontraksi otot, yang bisa ngebantu rahim ngelepas lapisannya lebih cepet. Nggak cuma itu, efek hangat jahe juga bisa buat hilangin nyeri haid. Lo bisa konsumsi jahe diapain aja, wedang jahe bisa, dijadiin campuran masakan juga oke.

6. Kacang Kedelai

Kacang kedelai punya kandungan yang kaya protein, mineral, serta filoestrogen berupa isoflafon yang bisa mempengaruhi kadar hormon estrogen. Salah satu penyebab haid lo nggak lancar itu karena hormon lo yang nggak seimbang, nah kedelai bisa nyeimbangin itu. Banyakin konsumsi tahu, tempe, atau susu kedelai aja kalo lo mau cepet haid.

Semua makanan diatas emang bagus buat lo yang pengen cepet haid. Tapi jangan lupa juga buat konsultasi ke dokter biar tau kondisi tubuh lo sebenernya tuh kenapa sampe bisa telat haid. Pokoknya selalu jaga gaya hidup lo ya Vox biar meminimalisir haid yang nggak teratur dan kedepannya nggak sampe kena masalah serius ke lo.