Lo tau nggak sih, kalo esports saat ini nggak cuma sekedar hiburan buat mengisi waktu luang lho. Sekarang, esport bisa jadi profesi buat siapapun yang niat menekuninya. Orang-orang yang terjun kedalam esports dan menjadi pemain, biasanya disebut sebagai pro player.

Sebagai pro player, mereka mendapatkan gaji dari bermain game. Dan terkadang kalah atau menangnya suatu tim juga ditentukan dari player-player itu sendiri. Hingga ketika suatu tim esports juara, yang menjadi highlights utama adalah pro player mereka.

Dari quotes mereka mengenai suatu pertandingan, hingga pembahasan rumor seputar esports pun, pro player akan mendapatkan sorotan dari media gaming.

Namun, pembahasan seputar esports gak cuma soal pro player. Industri esports terdiri dari banyak peran selain pro player. Diantaranya ada manajer tim, pelatih, brand ambassador sampai Caster yang membawa pertandingan agar menjadi lebih menghibur dan seru.

Persona lain di industri gaming ini patut diapresiasi, karena mereka juga menjadi pembeda dan membuat esports menjadi lebih menarik. Content creator Mobile Legends seperti Oura, pun bisa dijadikan pembahasan. Selain karena mantan pro player, ia juga menjadi salah content creator yang cukup menghasilkan. Emangnya setajir apa sih Oura? Bisa lo lihat langsung di konten ini.

Caster juga merupakan peran krusial pada sebuah pertandingan esports.  Kata-kata motivasi, sampai plesetan ikonik dari seorang caster bisa menjadi pembeda sebuah pertandingan. Yang jelas, tanpa mereka, pertandingan mungkin bakal terasa hambar. Ranger Emas adalah shoutcaster MPL Indonesia yang biasanya mengeluarkan plesetan ikonik pada pertandingan mobile legends yang ia cast, cek disini aja kalo gak percaya.

Melihat banyaknya potensi dari industri gaming, secara nggak langsung menunjukkan bahwa industri ini memiliki prospek sebagai sumber pendapatan bagi siapapun, termasuk pendapatan bagi negara. Diadakannya turnamen internasional seperti IESF Bali 2022, hingga adanya MPL ID yang membuka franchise league, menjadi bukti bahwa game emang sudah menjadi budaya di masyarakat modern Indonesia.