Perjalanan Batch X udah sampai titik akhir sesuai nama batch ini, yaitu “Season Finale”. Batch yang dirancang Cretivox sebagai “last episode” dari rangkaian season magang “Cretivox Internship Experience”. 

Lima bulan telah dilalui oleh 15 orang terpilih dengan karakter yang beragam, terus berkembang bersama-sama. Semua kenangan telah terukir, dari candaan yang selalu ada di sela-sela pekerjaan sampai tangisan yang timbul di saat-saat penuh dengan tekanan atau saat mendekati perpisahan. 

Rasanya lima bulan yang kita lalui ini sangat berwarna dan gue cukup sedih kalo kita akan segera berpisah. Mereka akan melanjutkan hidup dan fokus pada mimpi-mimpinya selanjutnya. Makanya, gue mau ngajak lo buat flashback lagi sama apa yang mereka lalui selama lima bulan ini, Vox! Si dimas kena campak, gas lah disimak!

Ghozi – Content Creator Intern

Program intern di Cretivox yang dari awal udah gue yakinin bakal seru banget. Dan bener aja, pas udah mau pisah semua orang justru nahan-nahan gak mau pergi satu sama lain. Kalau ditanya capek atau nggak? Yang namanya kerja pasti capek sih. Tapi, siapa sangka capeknya ketutup sama serunya ketemu orang-orang aneh di Batch X ini. Gue benci dengan konsep kekeluargaan dalam dunia kerja. Tapi, keluarga yang gue temuin di Cretivox justru jadi salah satu keluarga yang paling gue sayang dalam hidup gue.

Pertama masuk Cretivox gue bener-bener bisa dibilang cupu abis kalo masalah kerja. Gue gak paham gimana flow kerja yang baik dan benar. Berbulan-bulan gue bener-bener ditempa habis-habisan sampe ilmu dan pengalaman gue bisa dibilang banyak BANGET. Prosesnya emang melelahkan banget. Tapi apakah itu worth it? Udah pasti.

“Lakuin semuanya semaksimal mungkin. Kalo setengah-setengah, kapan berkembangnya?”

Daffa – Content Creator Intern

Pertama kali gue nyoba daftar magang di Cretivox, gue mendapatkan kejadian lucu. Kejadian lucunya adalah gue daftar magang dengan “bercanda” dan ternyata diterima, GUE SAMA SEKALI GA NYANGKA BAKALAN KETERIMA. Dan shocknya pengalaman magang di Cretivox ini malah jadi salah satu core memori yang paling gak gue sangka bakal di dapetin. Dalam 5 bulan magang di sini gue ngerasain definisi pendewasaan. Dari pikiran gue yang datang dari desa sampe sekarang mau lulus ini, gue bisa bilang jauh banget perkembangannya. 

So, thank you Cretivox. For the best Internship that i’ve ever been.  Thank you for building me into the best version of myself. And thank you for giving me a friend along the way.

“Magang disini berat banget, banget. Tapi buat jadi hebat itu gaada jalan pintas. So just do your best and the rest will follow 

Yuli – Content Creator Intern

Magang sebagai content creator di Cretivox ini adalah pengalaman pertama magang gue. Gue iseng aja awalnya karena belom jadwal magang dari kampus juga. Jadi content creator di Cretivox bukan yang kayak lo liat di TikTok sebagai ‘Content Creator’. Menurut gue jadi Content Creator keren sih, karena serba bisa lah!!!

Ngedit? Bisa! Bikin ide? Akh sekaligus banyak juga bisa! Jadi copywriter juga bisa! Bikin konten? It’s a must!!! Handle brand juga bisaaa!!!! Keluar dari sini gue jadi tambah serba bisa🤪

If it’s not hard, it’s not gonna be worth it

Kenapa gue bilang gitu? Karena ya jujur jadi Content Creator susah banget. Roller coaster banget!!! Tapi gak nyesel karena bisa belajar banyak hal dan bisa ketemu Batch X gue tersayang. Sedih pasti nanti susah ketemu karena udah pisah tapi lo semua bakalan jadi part of my unforgettable memories.

Aqshal – Content Creator Intern

Di sini doang lo bisa ngerasain magang yang penuh warna! Itu yang buat gue bahagia, dengan segala tekanan dan rintangan yang ada, gue semakin dilatih dan diberi kebebasan buat cari solusi terbaik dalam segala masalah tersebut. 

”Selagi tujuan, tenaga, dan waktu lo buat sebuah kerjaan, jalanin aja! Gausah macem-macem deh, kalo niat lo buat kerja, yaudah buat kerja. Tuhan gak tidur, jadi yang terbaik di mataNya, bukan di mata ciptaanNya”

Thank you so much for you all, especially for CBN!! Udah percaya dan ngasih kesempatan besar buat gue untuk berkembang secara mental, materi, dan juga relasi.

Dengan 14 tipe anak magang di Batch gue (Batch X), gue semakin sadar bahwa cinta dan kasih sayang bisa datang di mana dan kapan aja.

Finisha – SMO TikTok Intern

Terlalu banyak ilmu yang gue dapetin di Cretivox, yang pastinya gak bisa gue elaborate satu-satu. Walaupun gue adalah SMO TikTok, tapi pengalaman gue is not limited to that title. Ngga cuman bikin pillar di Tiktok, tapi gue got the opportunity buat jadi talent buat commercials, director, ngedesign, ngelive maupun interview KOLs secara langsung, dan bahkan memberikan legacy berupa 2 konten pillar keren untuk Cretivox (re: DADALO & AYANG).

Tapi, DISCLAIMER, magang disini gak se-EZ yang pertama kali gue bayangin. Kena mental? Pasti. Nangis-nangis? Apalagi. Tapi gue bersyukur gak nyerah di awal, karna kalau gue kilas balik, semuanya bisa gue lewatin sampe titik akhir. Malahan sekarang, berat banget rasanya buat cabut. Percayalah, walaupun orang-orang disini suka aneh kelakuannya, tapi gue SAYANG. Wouldn’t be at this point without Batch X, keluarga TikTok, keluarga Digital, keluarga Awan, and the whole Cretivox family, period, no doubt.

Simply, there are numerous experiences to value, memories to cherish, and moments of togetherness that I would not trade for the world.

Adjie – SMO TikTok Intern

Satu kata yang bisa deskripsikan pengalaman magang gue di Cretivox mungkin, tuh, Rollercoaster! Pengalaman seru yang bakalan bikin lo teriak kesenengan dan di saat yang sama lo bakalan rasain anxiety yang bikin adrenalin lo naik turun. Apalagi gue magang di sini sebagai mahasiswa aktif semester lima yang harus bolak-balik kampus, wah tantangannya ada banget, sih. Tapi, gue percaya apa yang gue lalui di magang ini sangat worth the pain!

Kenapa begitu? Karena gue merasa sangat berkembang dengan banyaknya pengetahuan yang gue dapetin di sini dari porsi kerja yang selama ini diberikan dan ilmu-ilmu baru dari full time. Gak cuma itu, gue juga jadi lebih terbuka terhadap kritik dan masukan dari orang lain, bisa dateng ke berbagai event artis internasional sampai awarding night, dan yang paling penting gue bertemu Batch X yang berisi orang-orang keren dan sekarang menjadi bagian dari perjalanan hidup gue.

“Menurut gue pengalaman magang di Cretivox ini sangat meaningfull yang mungkin tidak bisa didapatkan di tempat lainnya.”

Algy – Copywriter Intern

Jujur masa magang disini cukup ngebuat gue berubah sih. Dari work phase yang cukup cepat sampe pemikiran kreatif yang diluar nalar bener-bener ngasih gue inspirasi dan ngebuat gue sadar bahwa gue harus ngelakuin lebih dari apa yang biasa gue lakuin.

Bukan cuma itu, gue jujur say thanks banget buat siapapun yang mempertahanin gue supaya gue bisa keterima disini. Di pengalaman magang ini, gue bisa bertemu sama orang-orang yang gue gak sadar, bahwa gue bisa sesayang ini sama mereka.

So… I think I’m In love with these people. Thank you.”

Caesar – Video Production Intern

Fun fact ini adalah pengalaman magang pertama gue, dengan perasaan yang campur aduk, gue memberanikan diri untuk ikut daftar internship batch X ini. Dengan usaha dan doa ternyata diterima dong. Gue paling benci ketika gue bikin orang lain itu kecewa, jadi dari awal gue magang disini gue kasih 100% eh 1000% untuk tempat ini, walaupun mungkin hasilnya ga seberapa. Tapi gue merasa bangga sama diri gue sendiri karena udah mau berusaha dan berjuang selama 5 bulan magang disini.

X mungkin yang akan menjadi huruf istimewa dalam hidup gue, karena di dalamnya gue menemukan sesuatu yang selama ini gue butuhkan.

“Nikmati setiap jam, menit, detik magang disini Karena pada akhirnya lo gaakan mau berpisah dari tempat ini.”

Diyal – Video Editor Intern

Cretivox merupakan suatu wadah para Gen Z untuk berkembang dan menemukan potensi dalam dirinya, bukan cuma tentang kerjaan yang lo semua bisa dapetin disini, berbagai orang dan keberagaman latar belakang di kantor ini membuat suasana warna yang hidup, pikiran lo akan terbuka, potensi lo akan berguna, dan sikap diri lo yang akan selalu siap dalam segala rintangan yang ada.

Bukti nyata nya adalah diri gue sendiri, gue merasa udah siap dan mampu terjun ke dunia yang sesungguhnya, mentality gue udah siap menghadapi segala hal yang ada di dalam dunia kerja, how to be a kind person, dan yang paling penting adalah memiliki mindset ketika lo dikritik secara profesional dan lo menanggapinya bukan secara personal, terlihat sepele namun hal itu menjadi pondasi dalam hidup gue untuk terus tegar dan bangkit, to many mistake doesn’t make you bad, because without mistake you can’t learn, tapi kalo lo salah melulu itu tanda nya lo bego anj. Lima Bulan gue gak merasa sia sia dan sangat berharga karena banyak sekali experience dan moment baru di dalam hidup gue.

“Thank Cretivox #BukanSekedarMagang”

Hafizh – Video Editor Intern

Awalnya gue sempat gagal di batch sebelumnya, tapi gue gak mau menyerah begitu saja. Gue yakin tempat ini akan membawa perubahan bagi gue. Dan lima bulan berlalu, gue coba daftar lagi. Alhamdulillah, gue lulus dan dipertemukan dengan teman-teman dan orang orang yang sangat seru. Di sini penuh dengan ilmu penuh dengan orang yang baik, bagi gue ini adalah keluarga. Banyak pengalaman yang gabisa gue lupain. Banyak hal yang gue pelajari di sini.

“Sulit rasanya untuk berpisah dengan tempat ini.Pengalaman yang sangat berkesan. Love Cretivox.”

Camarray – Graphic Designer Intern

Berawal dari ketakutan akan kekosongan hati setelah mengakhiri hubungan saat kuliah dan telah membereskan seluruh rangkaian tugas akhir yang ditutup dengan sidang akhir, gue mendaftarkan diri sebagai intern graphic designer di Cretivox Broadcasting Network.

Asumsi awal gue soal magang disini adalah yaudah aja gitu kerja as a cheap labour, dan ternyata setelah kurang lebih 5 bulan bekerja disini, gue sangat belajar banyak bukan hanya dari mentor-mentor yang membimbing, tapi juga dari temen-temen sebaya gue yang sama-sama intern di tempat ini.

“Sebuah langkah yang gak akan pernah gue sesali sejauh ini.”

Chiko – Graphic Designer Intern

Berawal dari ngeliat video selebtiktok @semogaanakbaik di TikTok, gue jadi tergerak buat langsung join ikutan juga sama open internship ini. Langsung aja gue ikut dan yak, ternyata gue lolos. Gue daftar sebagai Graphic Design Intern, awalnya gue minder karena waktu interview ketemu Camarray yang style nya DKV banget. Tapi ternyata kita berdua sama-sama keterima buat magang di Cretivox Batch X ini. 

Banyak hal yang bisa gue pelajari, meski dengan berat hati gue harus balik ke Purwokerto buat kuliah gue yang gabisa gue tinggalin. Tapi, selama 2 bulan WFO di Jaktim, gue merasa bener-bener dapet banyak pengalaman baru yang belum gue dapetin di manapun. Salah satunya adalah ngerjain project Dua Tipe bareng temen-temen yang lain. Gue juga seneng banget bisa ketemu sama temen intern batch X gue dan pastinya para user gue yang baik banget, ada Havi, Bang Tian, dan temen gue sendiri, Camarray. 

Yusuf – Front End Developer Intern

Dapet info magang Cretivox dari Instagram, terus dalam pikiran gue cocok nih sambil nunggu Wisuda. Karena udah kosong banget waktu gue, yaudah langsung daftar gapake lama. Setelah itu, gue keterima dan memulai hidup baru sebagai Front End Developer Intern di Cretivox bersama 14 teman baru. Lima bulan gue menjalani magang, banyak pelajaran hidup yang gue dapat, sampe gue mikir kayak banyak hal yang simple as that gitu! Mungkin gitu aja kali ya, intinya selain pelajaran hidup, skill juga bertambah karena User gue sangat baik dalam membimbing. Thank you Cretivox, Batch X, Bang Ben (CEO), Bang Agis dan Bang Rhohim (User). See you soon!

“Everyday life is like programming, I guess. If you love something, you can put beauty into it.”

Becky – KOL Specialist Intern

Awalnya daftar program intern Cretivox cuma buat mengisi waktu luang sambil menunggu jadwal wisuda, ternyata keterima dan di awal magang rasanya berat banget buat adjust sama orang-orang yang ethic kerjanya beda banget sama gue. Tapi, lama kelamaan gue terbiasa dan mengerti caranya menyesuaikan cara kerja dengan kalangan dan cara pandang yang jauh lebih beragam. Sampai akhirnya, rasanya berat banget untuk menerima kenyataan kalau program magang ini udah sampai di titik selesai.

Sangat berat melepas 13 manusia asing yang awalnya hanya dikumpulkan secara acak dan mendadak kemudian dituntut untuk saling menerima dan menguatkan, dan kini semesta menjadikannya sebuah keluarga. Ada satu kutipan sederhana yang dilontarkan oleh bang Ben (CEO Cretivox) ke gue dan menjadi mantra untuk menguatkan diri setiap kali ngerasa capek dan ingin menyerah, bunyinya begini

“Beck, dari awal gue liat lo gue tau lo itu pejuang, lo itu pemimpin. Dan inget, pejuang selalu nemuin cara terbaiknya untuk bangkit dan menang.” Akhirnya, gue survived. Disini. Tanpa pergi.

Russell – KOL Specialist Intern

Magang di Cretivox merupakan sebuah experience dan juga pengalaman hidup yang sangat memorable, banyak ilmu dan juga pembelajaran yang aku dapetin selama 5 bulan ini. Bukan cuma sekedar bekerja, tapi di tempat ini aku belajar tentang “kehidupan”. Mulai dari jadi anak rantau, bertemu dengan orang-orang baru, tempat kerja baru, culture dan juga budaya yang baru bahkan sampai kota baru.

Awalnya, udah keterima magang di beberapa company di Surabaya, tapi entah kenapa hati bilang coba Cretivox dulu aja. Tanpa pikir panjang langsung gas ke Jakarta. Lewatin beberapa tahap sampai akhirnya interview susulan yang cuma berempat dan di tahap FGD baru ketemu sama ke-14 orang yang sampai detik ini selalu mewarnai hari demi hari. Alhasil keterima, bersyukur bisa menjadi bagian dari Cretivox, walau pun di dalam hidup ga akan pernah selalu bahagia, tapi di sini aku bisa merasakan hangatnya keluarga. Ga sia-sia berangkat dari Surabaya ke Ibukota, The best lah pokoknya!

Thank you X, Thank you Cretivox, I found the “good” in the “goodbyes”. See you when I see you.

“Different perspective brings a different experience, BE AGILE”

Kira-kira begitu deh cerita dari anak-anak Batch X, bisa lo simpulkan sendiri gimana seru dan berkembangnya mereka di Cretivox. Gak cuman itu, mereka juga jadi ngerasa punya keluarga baru yang seruuu banget! Sekarang Batch X udah mau selesai dan bakalan dilanjutin sama Batch S.E.

Buat lo yang masih penasaran sama magang di Cretivox, sayang banget season pertama udah selesai, nih. Tapi, lo pantengin terus aja sosmed Cretivox, siapa tau tiba-tiba ada magang lagi 😀 

See you when i see you, Vox!