Olá Vooox! Tudo bem? Hehe, maksudnya apa kabar? Sorry gue lagi seneng pake bahasa Portugis. Abisnya gue abis dapet kabar gembira nih dari temen-temen Paduan Suara Mahasiswa Universitas Hasanuddin alias PSM UNHAS.

PSM UNHAS habis ikut kompetisi choir internasional Lisbon Sings 2022 loh, udah gitu mereka dapet Juara 1 “Winner of the Category Folklorewoohoo! Sesuai namanya, kompetisi ini diadain di Kota Lisbon, Portugal, tanggal 10-14 November 2022 kemarin dan diikuti sama 17 negara. Btw, buat nambah wawasan lo, kenalan sedikit dulu yuk sama PSM UNHAS ini.

Paduan Suara Mahasiswa Universitas Hasanuddin

Alias PSM UNHAS udah ada sejak tahun 1978, itu juga pas mereka pertama kali ikut serta di Festival Paduan Suara Mahasiswa seluruh Indonesia di Jakarta. Sebelumnya PSM UNHAS jadi satu sama UKM Seni Musik, tapi pada 22 Juni 1998 akhirnya dia jadi UKM sendiri.

UKM PSM UNHAS punya tujuan untuk menampung kreativitas mahasiswa khususnya di bidang seni tarik suara dan musik, Vox! Nggak cuma paduan suara dan vokal grup aja, solo juga dipersilahkan ikut UKM ini. Terus jenis musik apapun diterima di sini, mau itu pop, dangdut, keroncong, sampe seriosa.

“Winner of the Category Folklore” Lisbon Sings 2022

Lisbon Sings 2022 itu ajang kompetisi paduan suara internasional yang diselenggarakan oleh INTERKULTUR. Diikutin sama negara Kroasia, Slovenia, Finlandia, Prancis, Ghana, Yunani, Israel, Kosovo, Belanda, Polandia, Portugal, Ceko, Rumania, Swiss, dan Indonesia. Ada 7 kategori yang dilombain, Mixed Choirs Difficulty Level I & II, Choirs of Equal Voices Difficulty Level I & II, Folklore, Children’s Choirs, dan Youth Choirs.

Ada 2 kelompok paduan suara Indonesia yang ikut kompetisi ini. PSM UNHAS jadi perwakilan Indonesia dari Sulawesi Selatan yang berlomba di kategori Folklore. Terus juga ada the Countermelody dari Nusa Tenggara Timur yang berlomba di kategori Mixed Choirs Difficulty Level II.

Indonesia bergemuruh di Aula Magna Universitas Lisbon, Portugal, karena 2 perwakilannya luar biasa keren bisa nyabet gelar juara di Lisbon Sings 2022. PSM UNHAS berhasil dapat nilai tertinggi dan jadi Winner of the Category Folklore, the Countermelody juga berhasil mengungguli peserta lainnya dan jadi pemenang di kategori Mixed Choir Difficulty Level II.

Keren banget ya Vox paduan suara Indonesia! Lo jadi tertarik nggak sih buat fokusin di dunia tarik suara juga?